Sederet Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes, Ini Daftarnya

Rabu, 26 Oktober 2022 - 08:27 WIB
loading...
Sederet Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes, Ini Daftarnya
Universitas Diponegoro (Undip). Foto/Dok/Undip
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi negeri ( PTN ) merupakan universitas yang dikelola oleh pemerintah, tepatnya berada di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sebagai perguruan tinggi milik pemerintah, PTN diwajibkan untuk mencari dan menjaring calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi. Namun, kurang mampu secara ekonomi, dan calon mahasiswa dari daerah terdepan, terluar, dam tertinggal untuk melanjutkan pendidikan di PTN tersebut.



Dalam penerimaan mahasiswa baru, Kemendikbudristek telah menetapkan skema baru terkait jalur masuk ke PTN. Aturan tersebut telah ditetapkan melalui Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada PTN.

Jalur penerimaan mahasiswa baru terbagi menjadi 3, yaitu seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes, dan seleksi secara mandiri oleh PTN. Berdasarkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, jumlah PTN di Indonesia mencapai 122 kampus.

Biaya Pendidikan PTN dibantu dan diberikan subsidi oleh negara, sehingga secara umum tergolong lebih rendah dibandingkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).



Beberapa contoh perguruan tinggi negeri unggul yang ada di Indonesia antara lain adalah: Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Brawijaya.

Lalu, Universitas mana sajakah yang membuka jalur mandiri tanpa tes? Simak berikut ini.

1. Universitas Diponegoro (UNDIP)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3107 seconds (0.1#10.140)