Lima Sekolah Kedinasan Terbaik di Papua, Ada IPDN?

Rabu, 26 Oktober 2022 - 12:13 WIB
loading...
Lima Sekolah Kedinasan Terbaik di Papua, Ada IPDN?
Lima sekolah kedinasan terbaik di Papua. Salah satunya ada IPDN. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sekolah kedinasan telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan di Papua , ada sederet sekolah kedinasan terbaik yang bisa menjadi pilihan lulusan SMA untuk melanjutkan studi.

Setiap tahunnya, perguruan tinggi kedinasan menjadi kampus idaman yang banyak diburu oleh lulusan SMA dan sederajat di Indonesia. Tentu saja peminat yang bejibun membuat persaingan masuknya juga begitu ketat.

Berbicara soal kualitas, karena sekolah kedinasan ini di bawah naungan instansi pemerintah maka soal kualitas pun tidak perlu diragukan lagi karena sekolah kedinasan harus mencetak lulusan bermutu untuk bidang pekerjaan yang dibutuhkan instansi itu.

Sekolah kedinasan yang terbagi dua antara sekolah kedinasan dengan ikatan dinas dan non ikatan dinas juga memberi jaminan prospek kerja bagi lulusannya. Bagi sekolah dengan ikatan dinas bisa menjadi CPNS dan non ikatan dinas pun bisa mendapat peluang yang lebih besar dalam perekrutan pegawai di instansi pemerintah.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Paling Santai yang Tidak Ada Praktikum, Kalian Tertarik?

Sekolah kedinasan sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia. Bagi yang tertarik masuk sekolah kedinasan di Papua, berikut ini lima sekolah kedinasan di provinsi paling timur di Indonesia yang berhasil dirangkum SINDOnews dari laman resmi masing-masing sekolah kedinasan..

1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN masuk dalam daftar sekolah kedinasan favorit di Tanah Air. Tahun 2022 IPDN membuka kuota penerimaan sebanyak 1.230 calon praja yang terbagi ke seluruh provinsi di Indonesia.

Kampus utama IPDN berada di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Namun IPDN juga memiliki beberapa kampus regional yang tersebar di Indonesia, salah satunya di Papua yang lokasinya terletak di Sentani Tim, Asei Kecil, Kecamatan Sentani Tim, kota Jayapura, Papua.

IPDN memiliki tiga fakultas yakni Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat.

2. Politeknik Penerbangan Jayapura (Poltekbang Jayapura)

Poltekbang Jayapura merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Alamatnya berada di Jalan Kayu Batu, Tj Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

Poltekbang Jayapura memiliki tiga program studi yang akan menjadikannya lulusannya dibutuhkan di bidang penerbangan. Yakni Diploma III Manajemen Bandar Udara, Diploma III Tekniks Listrik Bandara, dan Diplima III Manajemen Lalu Lintas Udara.

Baca juga: Sederet Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes, Ini Daftarnya

3. Politeknik Ilmu Pelayaran Sorong (Poltekpel Sorong)

Poltekpel Sorong juga merupakan sekolah kedinasan di bawah Kemenhub. Misinya adalah mencetak SDM bidang kemaritiman yang prima, profesional, beretika dan berwawasan global.

Poltekpel Sorong yang memiliki visi menjadi perguruan tinggi maritim yang unggul dan berstandar internasional ini beralamat di Jalan Tanjung Saoka No 1, Sorong, Papua Barat. Poltekpel Sorong memiliki tiga program studi yaitu Manajemen Transportasi Laut, Nautika, dan terakhir adalah Permesinan Kapal.

4. Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Sorong

Politeknik Kesehatan Kemenkes Sorong merupakan salah satu dari 38 Politeknik Kesehatan sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kesehatan. Institusi ini termasuk salah satu dari lima Politeknik Kesehatan yang baru menjadi Satuan Kerja (Satker) sendiri pada tahun 2012.

Poltekkes Kemenkes Sorong beralamat di Jalan Basuki Rahmat Km 11, Kota Sorong, Papua Barat. Selain itu juga ada di Manokwari di Jalan Slamet Riyadi Kampung Ambon Atas, Papua Barat, dan di Jalan Diponegoro, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Poltekkes Kemenkes Sorong menyediakan program studi DIV Keperawatan, DIII Keperawatan, DIV Kebidanan, dan program studi DIII Gizi yang tersebar di ketiga kampus tersebut.

5. Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Jayapura

Poltekkes Kemenkes Jayapura juga menjadi salah satu sekolah kedinasan di bawah Kementerian Kesehatan. Kampus yang beralamat di Jalan Padang Bulan II, Abepura, Papua ini menyelenggarakan pendidikan vokasi pada jenjang Diploma III dan Diploma IV.

Poltekkes Kemenkes Jayapura memiliki visi menjadi institusi pendidikan yang menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional, mandiri, dan kompetitif dengan keunggulan Iptek penyakit tropis pada 2024. Sampai saat ini Poltekkes Kemenkes Jayapura telah mempunyai 6 jurusan dan 19 program studi.

Demikian tadi lima sekolah kedinasan yang berlokasi di Papua. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)