5 Jurusan Kuliah Tersulit Tapi Banyak Peminatnya, Tertarik?

Kamis, 27 Oktober 2022 - 12:16 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Tersulit Tapi Banyak Peminatnya, Tertarik?
5 jurusan kuliah tersulit tapi banyak peminatnya untuk rekomendasi melanjutkan kuliah. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Lima jurusan kuliah berikut ini banyak yang bilang tersulit. Baik sulit dalam belajar dan juga lulusnya. Namun peminat jurusan kuliah tersulit ini nyatanya tetap tinggi saat penerimaan mahasiswa baru .

Setiap calon mahasiswa pastinya memiliki tujuan serta alasan tersendiri ketika memutuskan untuk menjalani kuliah di suatu jurusan, baik itu mewujudkan cita-cita, menekuni ilmu yang sesuai kemampuan dan bakat, hingga ingin menjadi lulusan dari jurusan karena bergengsi dan memiliki prospek kerja cerah.

Namun, beberapa jurusan yang tersedia di kampus ternyata memiliki reputasi sebagai jurusan yang ‘sulit masuk, sulit keluar’. Penasaran jurusan mana saja yang dimaksud? Mengutip laman Brainacademy, ini dia 5 jurusan kuliah tersulit di Indonesia.

1. Jurusan Arsitektur

Jurusan yang masuk dalam list jurusan tersulit di Indonesia yaitu Jurusan Arsitektur yang merupakan perpaduan antara teknik dan dan seni. Mahasiswa nanti akan banyak belajar tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Selain itu, juga akan turut belajar tentang cara merancang interior, eksterior, kawasan, hingga mempelajari perencanaan kota.

Saking populernya, Jurusan Arsitek menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Bahkan di ajang SBMPTN 2020, Jurusan Arsitektur menjadi jurusan yang paling sulit untuk ditembus di Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: Daftar Lima Kampus Negeri yang Baru Diresmikan Menjadi PTN-BH

2. Jurusan Kedokteran

Menjadi seorang dokter merupakan pekerjaan yang banyak diimpikan oleh setiap orang, terutama lulusan IPA. Namun ada beberapa alasan yang menjadikan Jurusan Kedokteran salah satu jurusan yang sulit untuk dijalankan.

Pertama, kuliah Jurusan Kedokteran mengharuskan kamu untuk menguasai ilmu-ilmu tentang sistem, ragam penyakit, hingga pengobatan penyakit yang menyerang tubuh manusia. Sehingga ketika selesai menempuh pendidikan, kamu diharapkan dapat menguasai tentang cara mendiagnosis, mengobati, hingga cara-cara pencegahan suatu penyakit. Tidak hanya dari aspek medis, tapi juga dari aspek psikis, sosial, dan budaya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1416 seconds (10.177#12.26)