Peringati Sumpah Pemuda, MAHAPALA Unnes Kibarkan Merah Putih di Pegunungan Himalaya

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 17:28 WIB
loading...
Peringati Sumpah Pemuda, MAHAPALA Unnes Kibarkan Merah Putih di Pegunungan Himalaya
MAHAPALA Unnes sukses mengibarkan bendera Merah Putih di Pegunungan Himalaya. Foto/Tangkap layar laman Unnes.
A A A
JAKARTA - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) MAHAPALA Unnes mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Island Peak yang merupakan salah satu pegunungan es di Himalaya. Pengibaran bendera ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme pemuda Indonesia.

Berkat kerja keras, usaha, niat dan tekat yang kuat Ahmad Dzulfikar mahasiswa jurusan Ilmu Geografi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang juga didampingi alumni MAHAPALA Universitas Negeri Semarang (Unnes) yakni Priyo Handoko dapat mencapai puncak Gunung Island Peak ketinggian 6189 MASL dengan keadaan sehat dan selamat.

Baca juga: Inilah Strategi Memilih Program Studi UTBK, Pahami Agar Mudah Lolos

Ahmad Dzulfikar mengatakan keberhasilannya untuk dapat mengibarkan bendera Merah Putih pada Puncak Gunung Island Peak ini tentunya tidak lepas dari doa dan dukungan keluarga serta tim pendukung ekspedisi Spirit of Indonesian Youth Expedition V.

“Semoga dengan berhasilnya ekspedisi ini, MAHAPALA Unnes dapat terus mencetak prestasi-prestasi di kancah internasional,” ucapnya, dikutip dari laman Unnes, Jumat (28/10/2022).

Untuk mencapai puncak Gunung Island Peak ini, tentunya Ahmad Dzulfikar harus melewati serangkaian latihan, baik itu latihan fisik maupun psikologis untuk menumbuhkan mental dan fisik yang kuat.

Baca juga: Implementasi Kampus Merdeka Terkendala, Pengelola Prodi Berbagi Strategi

Dengan semangat juang yang selalu ia tanamkan di dalam hatinya, ia tidak pernah lelah sedikitpun. Seperti pemuda bangsa Indonesia yang tak pernah lelah untuk mencetuskan hari lahirnya Sumpah Pemuda.

Pendakian ini merupakan salah satu dari ekspedisi internasional yang pernah MAHAPALA Unnes laksanakan.

Ekspedisi ini bertajuk Spirit of Indonesian Youth Expedition V pada Puncak Gunung Island Peak yang terletak di Kathmandu, Nepal. Adapun ekspedisi sebelumnya pada 2009 MAHAPALA Unnes melakukan pendakian pada puncak tertinggi di Benua Afrika yakni Gunung Kilimanjaro.

Pada 2011, tim juga melakukan pendakian pada puncak tertinggi di Benua Eropa yakni Gunung Elbrush, dan pada 2013 juga melakukan pendakian pada puncak tertinggi Amerika Selatan, yakni Gunung Aconcagua. Selain itu pada 2015 Mahapala Unnes juga melakukan bakti sosial untuk Papua.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4784 seconds (0.1#10.140)