Ini Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer

Senin, 31 Oktober 2022 - 15:41 WIB
loading...
A A A
Sistem Informasi merupakan bidang ilmu yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis manajemen. Mahasiswa nanti akan belajar tentang identifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahaan berdasarkan data, lalu merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jika dilihat dari sisi mata kuliah, Jurusan Sistem Informasi lebih fokus pada manajemen informasi, oleh karena itu kemampuan programming tidak menjadi nilai lebih pada jurusan ini karena kalian akan dituntut untuk memiliki keahlian manajerial data, meneliti, hingga analisis yang baik.

Jurusan Sistem Informasi menggabungkan konsep dengan bisnis dan manajemen. Tujuan dari jurusan ini sebagai jembatan antara kebutuhan bisnis dan kesesuaian teknologi atau aplikasi yang akan digunakan.

Hal tersebut tentunya perlu adanya perancangan yang baik melihat dari kebutuhan bisnis dengan teknologi yang ada. Contohnya ada perusahaan yang membutuhkan aplikasi perkantoran dan bingung memilih aplikasi yang cocok untuk diterapkan pada proses bisnis, lulusan dari jurusan ini yang akan menilai dan merancang kebutuhan aplikasi tersebut berdasarkan skala bisnis.

Baca juga: 1.047 Wisudawan UNS Lulus Cumlaude, Lulusan Termuda S1 Berusia 20 Tahun

Ilmu Komputer

Ilmu Komputer ialah ilmu yang mempelajari tentang algoritma dan pemrograman untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak. Ilmu komputer dan Teknik informatika merupakan jurusan yang sama hanya berbeda penamaannya saja.

Jurusan Komputer terbilang masih relatif baru, sehingga pada beberapa universitas prodi komputer masih berdiri di bawah fakultas lain, seperti ilmu komputer yang berada di bawah fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) sedangkan teknik Informatika berada di bawah Fakultas Teknik.

Jurusan Ilmu Komputer lebih condong kearah Sains komputer, pembahasan seperti algoritma pemrograman, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, teori komputasi, dll akan menjadi topik mata kuliah yang sering kamu temui nanti.

Tidak banyak perbedaan antara jurusan Ilmu Komputer dan Teknik informatika, sederhananya, jika kalian lebih suka praktek ketimbang teori maka pilihan Teknik Informatika akan sangat cocok untukmu, jika kamu lebih suka teori Ilmu Komputer akan lebih cocok.

Teknik Komputer
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2394 seconds (0.1#10.140)