Menuju Society 5.0, Ini Skill yang Harus Dimiliki Para Lulusan Universitas

Selasa, 01 November 2022 - 20:01 WIB
loading...
Menuju Society 5.0, Ini Skill yang Harus Dimiliki Para Lulusan Universitas
Universitas Pertamina (UPER) meluluskan 612 sarjana dari 15 program studi (prodi). Foto/Dok/Humas UPER
A A A
JAKARTA - Universitas Pertamina ( UPER ) meluluskan 612 sarjana dari 15 program studi (prodi). Dari jumlah tersebut, 154 wisudawan atau 25% di antaranya berhasil meraih predikat pujian atau cumlaude.

Sebanyak 82% wisudawan berasal dari prodi sains dan teknologi, dan 16 persen wisudawan berasal dari prodi sosial.

Baca juga: Keren! 12 Dosen dan Peneliti UI Masuk World's Top 2% Scientists 2022

Dr. (H.C.) Ignasius Jonan dalam pidatonya di Wisuda ke-7 Universitas Pertamina, setiap perusahaan memiliki tujuan yang ditentukan oleh 3 hal. Yakni, apa yang dibutuhkan oleh dunia, keunikan perusahaan, dan bagaimana caranya perusahaan menghasilkan nilai ekonomis.

“Maka dari itu, para lulusan baru Universitas Pertamina, saat anda mencari pekerjaan anda harus memiliki pemahaman pada kebutuhan industri. Misalnya, pada industri 4.0, anda tidak boleh hanya memiliki pengetahuan terkait jenis pekerjaan yang diinginkan. Tapi juga harus memiliki kemampuan digital, karena itu yang dibutuhkan,” ujar Jonan.

Remote, perusahaan SDM digital, mensurvey lebih dari 500 perusahaan dan pekerja di industri digital. Mereka mengungkap 5 skill digital yang paling dicari: social media skill, digital marketing, pengembangan peranti lunak, pemrograman website dan aplikasi, serta rekayasa perangkat lunak.

Baca juga: Mahasiswa ITB Manfaatkan Limbah Plastik dan Sabut Kelapa Sawit untuk Perkerasan Jalan

Dr. (H.C.) Enggartiasto Lukita yang juga memberikan orasi di acara yang sama, menyampaikan kompetensi yang harus dimiliki para lulusan baru. “Pengetahuan yang saudara miliki selama belajar di bangku kuliah tidak akan cukup untuk memasuki dunia kerja," ungkapnya.

"Anda harus tetap memperkaya pengetahuan digital. Selain itu, penting juga bagi anda memiliki kemampuan critical thinking, berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas,” tambahnya.

Untuk menghadapi era disrupsi dan society 5.0, Rektor Universitas Pertamina. Prof. Ir.I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D., menyampaikan, UPER telah menjalankan berbagai program untuk mengasah skill dan kompetensi para wisudawan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2629 seconds (11.252#12.26)