FEB UI Raih Akreditasi AACSB, Penilaian Bergengsi di Dunia

Rabu, 02 November 2022 - 15:38 WIB
loading...
FEB UI Raih Akreditasi AACSB, Penilaian Bergengsi di Dunia
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) meraih akreditasi internasional Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB), salah satu penilaian paling bergengsi di dunia untuk sekolah bisnis. Foto/Dok BuddyKu
A A A
DEPOK - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia ( FEB UI ) meraih akreditasi internasional Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB), salah satu penilaian paling bergengsi di dunia untuk sekolah bisnis. Hal ini cukup membanggakan karena dari sekitar 13.000 sekolah bisnis di dunia, kurang dari 6 persen yang masuk pengesahan AACSB mengingat ketatnya proses akreditasi tersebut.

Rektor UI Prof Ari Kuncoro , Ph.D. mengatakan, UI merasakan manfaat keikutsertaan FEB UI sebagai duta UI dalam akreditasi tingkat internasional ini, dengan diterapkannya berbagai proses perbaikan dan peningkatan, inovasi, kerja sama serta kontribusi pada masyarakat, sebagai bagian yang dituntut oleh akreditasi AACSB.

"Semuanya akan mempengaruhi semangat UI dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," ujar Prof Ari Kuncoro dalam acara Perayaan Akreditasi Internasional FEB UI di Auditorium Dekanat FEB UI, Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Baca juga: Inovasi Beautypal, FEB UI Juara Favorit L’Oréal Brandstorm 2022

Prof Ari berharap keberhasilan ini juga akan mendorong UI dalam perankingan internasional, sehingga dapat menaikkan pendidikan Indonesia di kancah dunia.

Dekan FEB UI Teguh Dartanto mengatakan, proses panjang untuk mendapatkan pengakuan dari AACSB International ini merupakan suatu proses perbaikan berkelanjutan bagi institusi yang dipimpinnya. Dia merinci, terdapat 15 standar yang dinilai dalam proses akreditasi ini. Termasuk di dalamnya penentuan visi misi FEB UI, strategi pengelolaan pendidikan, pengembangan dosen, dan lain-lain.

"Ada 12 program studi yang kami ikutkan dalam proses akreditasi ini sehingga menjadikan FEB UI sebagai Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memperoleh akreditasi terbesar (dalam arti jumlah) se-Indonesia sejauh ini," tegas Teguh.

Menurut Teguh, FEB UI telah melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan kualitas dan mutu pendidikan, di antaranya menjalin hubungan dengan berbagai pihak dan menghadirkan kontribusi positif dalam 72 tahun kehadiran FEB UI di Indonesia.

"Pengakuan internasional ini membuat kami lebih bersemangat memasuki usia ke-72 tahun dan akan terus menjalankan misi kami untuk berkontribusi pada pengembangan pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis, serta menyiapkan pemimpin yang inklusif, relevan dan bereputasi, yang memiliki tanggung jawab sosial serta mampu menghadapi tantangan global," tuturnya.

Dalam acara pengumuman perolehan akreditasi tersebut hadir pula Executive Vice President AACSB International Dr. Geoff Perry. Dia mengatakan, akreditasi dari pihaknya identik dengan standar kualitas tertinggi sehingga dapat menginspirasi cara berpikir baru dalam pendidikan bisnis secara global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)