Cerita Mahasiswa Papua Raih Beasiswa ADik, Kuliah Gratis di Unesa

Rabu, 02 November 2022 - 19:54 WIB
loading...
Cerita Mahasiswa Papua Raih Beasiswa ADik, Kuliah Gratis di Unesa
Kris Yikwa, mahasiswa penerima beasiswa ADIK dari kabupaten Tolikara, Papua mengungkapkan rasa senangnya bisa kuliah di Unesa. Foto/Unesa.
A A A
JAKARTA - Selain Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Kuliah, pemerintah menyediakan beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi ( ADik ). Bantuan biaya pendidikan ini diberikan ke perguruan tinggi termasuk di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Beasiswa ADik diberikan kepada pelajar di Papua, Papua Barat, dan daerah 3T atau terdepan, terpencil dan tertinggal serta anak-anak TKI. Di Unesa, jumlah penerima beasiswa ADik dan KIP Kuliah 2022 mencapai 1.307 mahasiswa. Rinciannya 21 mahasiswa jalur ADik dan 1.286 mahasiswa KIP Kuliah. Mereka datang dari berbagai daerah, hingga dari Papua.

Baca juga: 1.670 Mahasiswa Universitas Brawijaya Terima KIP Kuliah

Salah satu mahasiswa penerima beasiswa ADik Kris Yikwa yang berasal dari kabupaten Tolikara, Papua mengungkapkan rasa senangnya bisa kuliah di kampus bertagline Rumahnya Para Juara tersebut.

Kris diterima di program studi S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) tahun 2022. Ia adalah putra dari pasangan Teibiru Yikwa dan Milina Kogoya ini.

Kris mengaku, memang sejak di bangku SMA sudah lama bercita-cita menempuh pendidikan tinggi di Pulau Jawa. Dia punya hobi di bidang olahraga. Sejak SMP aktif mengikuti perlombaan tingkat sekolah hingga tingkat kota.

Baca juga: 5 Tips Jitu Lolos Beasiswa ke Luar Negeri dengan IPK 2 Koma

“Saya juga ikut lomba baca puisi, pernah menang. Senang olahraga juga, sepak bola, futsal, dan pencak silat,” ujarnya, dikutip dari laman Unesa, Rabu (2/11/2022).

Kris mengatakan akan berkomitmen dan memanfaatkan kesempatan kuliah tersebut untuk mengembangkan diri lebih jauh, terutama bakat olahraganya.

“Saya berusaha memberikan yang terbaik untuk almamater dan daerah asal saya. Saya ingin membanggakan orang tua dan daerah Papua,” ucapnya.

Selepas kuliah nanti, dia ingin memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerahnya, utamanya dalam bidang olahraga dan pendidikan. Selain itu, ingin menularkan semangat kuliah kepada generasi daerahnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)