Sekolah Kedinasan, Ini Jenis Pertanyaan Wawancara dan Cara Menjawabnya

Jum'at, 04 November 2022 - 16:39 WIB
loading...
Sekolah Kedinasan, Ini Jenis Pertanyaan Wawancara dan Cara Menjawabnya
Sedikitnya ada tujuh jenis pertanyaan wawancara sekolah kedinasan yang harus dipahami para calon mahasiswa. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh jenis pertanyaan wawancara sekolah kedinasan yang harus dipahami para calon mahasiswa. Sekolah kedinasan merupakan pilihan banyak orang karena memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Dalam proses pendaftarannya, sekolah kedinasan ini menerapkan tes wawancara bagi para calon peserta didik. Untuk dapat lolos, perlu mengetahui pertanyaan apa saja yang biasa keluar supaya dapat mempersiapkan jawaban dan lebih siap nantinya.

Baca juga : Mau Daftar Sekolah Kedinasan? Begini Alur Seleksinya

Berikut tujuh jenis pertanyaan wawancara sekolah kedinasan :

- Menceritakan Diri

1. Coba ceritakan tentang dirimu

Pertanyaan yang paling sering muncul ketika tes wawancara sekolah kedinasan ini berkaitan dengan perkenalan diri.

Bila menerima pertanyaan ini maka berilah jawaban yang singkat tanpa berbelit belit, seperti nama, tempat asal atau domisili, dan usia.

Karena selanjutnya akan disambung dengan pertanyaan lain seperti alumni sekolah, organisasi yang telah diikuti, dan keahlian.

2. Mengapa kami harius menerima Anda?

Ketika mendapat pertanyaan ini maka jangan kalian membandingkan diri dengan orang lain, dan jelaskan keunggulan yang dimiliki serta keinginan yang kuat di masa depan nanti.

Kemudian tunjukkan antusiasme dan jelaskan bagaimana kalian nantinya dapat berguna bagi orang lain dan untuk negeri ini.

- Pertanyaan tentang loyalitas

3. Apakah kamu bersedia tidak menikah selama masa pendidikan?

Pertanyaan ini diberikan untuk mengukur seberapa loyal para peserta bila nantinya diterima dan dalam menjalankan pendidikan.

Bila mendapat pertanyaan ini jawablah dengan yakin dan penuh percaya diri bahwa kalian mampu untuk melakukannya.

4. Apakah kamu siap ditempatkan di daerah terpencil atau jauh dari tempat tinggal?

Kemungkinan besar setelah lulus nanti para mahasiswa akan dilepas dan ditempatkan di luar Jawa. Pertanyaan ini akan memperlihatkan kesediaan para calon mahasiswa.

Sebagai seorang yang telah memilih sekolah kedinasan untuk menuntut ilmu tentulah para calon mahasiswa harus siap sedia untuk resiko apa pun nantinya. Sehingga jawablah dengan yakin.

Baca juga : Sederet Sekolah Kedinasan Favorit yang Bolehkan Pendaftarnya Berkacamata

5. Apakah kamu siap membawa nama baik ikatan dinas atau perguruan tinggi bersangkutan?

Berkaitan dengan sikap dan perilaku, sebagai mahasiswa dari sekolah kedinasan harus menjaga nama baik almamater, mengingat perguruan tinggi ini merupakan milik pemerintah.

Bila ada yang melanggar beberapa aturan yang telah ditetapkan maka bisa saja dari mereka akan dikeluarkan. Karena itu jawablah dengan percaya diri bahwa pendaftar mampu untuk melakukannya.

6. Apakah kamu siap mengabdi untuk negara?

Kesiapan untuk mengabdi ini perlu dijawab dengan pernyataan yang mendukung kemampuan dasar serta dimiliki dan sekolah kedinasan apa yang dipilih.

7. Apakah kamu siap menyelesaikan studi tepat waktu?

Sama seperti pertanyaan sebelumnya, para pendaftar juga perlu menjawab dengan rasa percaya diri dalam pertanyaan ini.

Karena di setiap sekolah kedinasan memiliki waktu yang ditentukan untuk lulus, dan bila melebihi batas waktu ini maka mahasiswa akan diberi peringatan atau bahkan dikeluarkan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)