Ini Perbedaan Jurusan Psikologi di Rumpun Saintek dan Soshum

Sabtu, 05 November 2022 - 20:01 WIB
loading...
Ini Perbedaan Jurusan Psikologi di Rumpun Saintek dan Soshum
Perbedaan jurusan Psikologi di rumpun saintek dan soshum penting untuk diketahui calon mahasiswa. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Psikologi merupakan salah satu jurusan kuliah yang cukup populer dan banyak diminati calon mahasiswa. Hal ini disebabkan berbagai faktor pendukung.

Salah satu di antaranya adalah prospek kerja menjanjikan bagi para lulusannya ketika bekerja nanti. Tak harus menjadi psikolog, alumni jurusan Psikologi juga bisa menjadi HRD, guru BK, market research, konselor, dan masih banyak lainnya.

Dalam hal ini, terdapat sebuah fakta menarik terkait klasifikasi program studi Psikologi yang berada di ranah Saintek dan Soshum sekaligus. Akan tetapi, kedua jenis jurusan ini memiliki sejumlah perbedaan yang perlu diketahui.

Dikutip dari laman RCTI+, perbedaan mendasar antara Psikologi Saintek dan Soshum terletak pada penekanan ilmunya masing-masing.

Psikologi Saintek lebih mengedepankan basic theory dan analisis, sementara Psikologi Soshum lebih condong ke gejala sosial.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Berikut perbedaan jurusan Psikologi Saintek dan Psikologi Soshum yang perlu diketahui.

1. Psikologi Saintek

Dalam rumpun Saintek, jurusan Psikologi mencakup ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan emosi, kepribadian, cara berpikir, serta melihat mental seseorang dari aspek kesehatan.

Kemudian, pada pembelajarannya sendiri para mahasiswa di jurusan Psikologi Saintek akan lebih condong ke arah kimia hingga biologi. Namun, tidak menutup kemungkinan juga tetap ada sebagian pembelajaran ilmu sosial dan humaniora.

Baca juga: Mengenal Gelar Sarjana Saintek di Unair, Pilihanmu yang Mana?
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2433 seconds (10.177#12.26)