Tumbuhkan Jiwa Bisnis Mahasiswa, Kemendikbud Gelar Program Wirausaha Merdeka 2022

Senin, 07 November 2022 - 21:49 WIB
loading...
Tumbuhkan Jiwa Bisnis Mahasiswa, Kemendikbud Gelar Program Wirausaha Merdeka 2022
Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemendikbudristek, Sri Gunani Partiwi dalam Webinar Silaturahmi Merdeka Belajar di YouTube Kemendikbud. Foto/Dok/Kemendikbud
A A A
JAKARTA - Sebagai upaya untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu menjalankan dan mengembangkan potensi kewirausahaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) gelar Program Wirausaha Merdeka 2022.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Sri Gunani Partiwi mengatakan, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang kaya, sehingga diperlukan pengusaha yang lahir dari generasi Indonesia.



“Saya yakin kemampuan wirausaha dapat dipelajari, dan melalui Wirausaha Merdeka inilah sarana yang kami sediakan untuk menciptakan jiwa wirausaha bagi adik-adik di perguruan tinggi,” ujar Sri dalam Webinar Silaturahmi Merdeka Belajar yang diselenggarakan secara daring dan tayang langsung di YouTube Kemendikbud, Kamis (3/11/2022).

Program ini memberikan peluang bagi seluruh mahasiswa dan perguruan tinggi yang berpotensi menyelenggarakan Program Wirausaha Merdeka. Mereka diharapkan dapat turut berpartisipasi dalam Wirausaha Merdeka.

“Kami mengajak perguruan tinggi yang memiliki kapasitas dan program-program yang baik untuk bisa diakses oleh adik-adik mahasiswa kita melalui Wirausaha Merdeka ini,” imbuh Sri.



Untuk dapat berpartisipasi dalam program ini, perguruan tinggi pelaksana diharapkan mempunyai kapasitas yang cukup untuk melaksanakan program tersebut. “Misalnya, perguruan tinggi mempunyai lembaga atau inkubator serta rekam jejak pengalaman dalam mengelola kewirausahaan,” tuturnya.

Selain itu, Sri mengatakan bahwa perguruan tinggi harus memiliki dan menyusun program untuk bimbingan kewirausahaan dalam bentuk proposal sesuai dengan ketentuan. Perguruan tinggi yang akan menjadi penyelenggara juga harus memiliki kesiapan dalam bentuk program.

Dengan demikian, lanjut Sri, nantinya program Wirausaha Merdeka diharapkan dapat diakses oleh mahasiswa seluruh Indonesia yang ingin belajar wirausaha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3409 seconds (0.1#10.140)