5 Sertifikat Ini Sangat Menentukan Kelulusan Masuk PTN Jalur SNBP 2023

Senin, 07 November 2022 - 23:31 WIB
loading...
5 Sertifikat Ini Sangat Menentukan Kelulusan  Masuk PTN Jalur SNBP 2023
Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Peran sertifikat dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) sangat penting bagi pelajar yang hendak memasuki perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi.

Jalur seleksi masuk PTN dengan menggunakan prestasi akademik memiliki peluang yang besar untuk diterima di Perguruan Tinggi tersebut. Tidak hanya berdasarkan nilai rapor, beberapa sertifikat dapat ditambahkan untuk mendapatkan poin tambahan untuk lolos jalur SNBP ini.



Peran dari sertifikat SNBP sendiri pun penting karena sebagai bukti tambahan yang dapat meyakinkan PTN tujuan mengetahui bahwa calon mahasiswa tersebut memiliki kelebihan atau prestasi yang dapat dibanggakan nantinya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua sertifikat yang anda miliki dapat digunakan untuk lolos pada jalur ini.

Ada beberapa persyaratan sertifikat SNBP yang dapat dihitung menjadi poin tambahan calon mahasiswa tersebut pada jalur SNBP ini, di antaranya dilihat berdasarkan kategori prestasi dan lembaga yang mengeluarkan sertifikat prestasi tersebut.



Nah apa saja sih sertifikat yang dapat menjadi poin tambahan pada jalur SNBP ini? Berikut 5 jenis sertifikat untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi masuk Perguruan Tinggi:

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan sebuah kompetisi pada tingkat nasional bagi mahasiswa SD/SMP/SMA yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek pada bidang sains yang biasa mengadakan olimpiade Matematika, Kimia, Astronomy, Fisika, Ekonomi dan sebagainya.

Sangat disarankan sertifikat dengan juara minimal tingkat Kabupaten/Kota dapat digunakan untuk menambahkan poin.

2. Sertifikat O2SN

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan sebuah kompetisi yang berada pada bidang olahraga. Olimpiade ini biasa diadakan pada jenjang SMA. Beberapa olimpiade yang didaftarkan seperti Senam, Bulu Tangkis, Renang, Pencak Silat, Karate dan Atletik.

3. Sertifikat FLS2N

Festival dan lomba Seni Siswa Nasional atau disingkat FLS2N merupakan sebuah olimpiade yang berada pada bidang seni dan budaya yang biasa diadakan pada jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat.

4. Sertifikat Pengurus OSIS, MPK, dan Ekstrakulikuler

Bagi anda yang aktif berorganisasi sangat bisa untuk melampirkan sertifikat kepengurusan anda selama menjabat sebagai pengurus bukanlah anggota. Dari sertifikat ini dapat menunjukkan keaktifan anda selama di bangku sekolah sehingga dapat menjadi point tambahan.

5. Sertifikat Lomba LKTI dan Esai

Selanjutnya yaitu sertifikat yang dapat digunakan lainnya berupa lomba karya tulis ilmiah (LKTI) atau esai. Lomba ini biasanya diadakan oleh pihak-pihak kampus yang ditujukan untuk siswa SMA yang memiliki kreativitas dan tertarik untuk berkompetisi.

Harus diperhatikan, pada sertifikat ini yang harus dilampirkan merupakan sertifikat yang berhasil menjadi juara. Tidak seperti sertifikat seperti OSN, O2SN dan FLS2N yang dapat dilampirkan meski hanya sebagai peserta saja.

(MG/Ni Made Susilawati)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)