10 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Startup, Bisa Jadi Referensi

Selasa, 08 November 2022 - 10:30 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Startup, Bisa Jadi Referensi
Jurusan teknik informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Saat ini bidang teknologi berkembang pesat. Apalagi di masa pandemi, hampir seluruh kegiatan masyarakat beralih ke ranah digital, mulai dari belanja, bekerja atau sekolah, sampai kumpul bersama teman.

Hal ini pun ternyata membuat bidang rintisan atau startup menjadi berkembang dan cukup banyak diminati. Bahkan, ada ribuan perusahaan startup tumbuh dan berkembang di era digital ini.



Dilansir dari Databoks, World Economic Forum (WEF) melakukan survei terhadap 56 ribu orang dengan kelompok usia 15-35 tahun di Asia Tenggara yang menunjukkan adanya minat besar untuk bekerja di sektor teknologi.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa sebanyak 33 persen di antaranya menaruh minat bekerja di perusahaan startup.

Nah, apakah kamu salah satu orang yang juga bercita-cita kerja di startup? Jika iya, kamu sebaiknya sudah mulai memfokuskan pendidikan atau jurusan ke ranah tersebut.



Sebagai rekomendasi, berikut adalah 10 jurusan untuk bekerja di startup yang bisa kamu pertimbangkan.

Berikut 10 jurusan kuliah yang lulusannya paling banyak dicari perusahaan Startup

1. Jurusan Teknik Informatika

Seperti yang kita tahu, perusahaan startup merupakan perusahaan yang mengembangkan bisnisnya dengan teknologi. Oleh karena itu, salah satu keahlian yang banyak dicari perusahaan startup yaitu keahlian di bidang teknik informatika.

Jurusan Teknik Informatika sendiri merupakan salah satu jurusan yang mempelajari interaksi antara manusia dengan teknologi, seperti pembuatan software dan bidang pemrograman lainnya. Prospek karier bagi lulusan Jurusan Teknik Informatika di perusahaan startup di antaranya web developer dan mobile developer.

2. Jurusan Teknik Komputer

Kemudian, masih berkaitan dengan bidang teknologi, keahlian teknik komputer juga banyak dibutuhkan perusahaan startup. Oleh karena itu, kamu bisa banget mempertimbangkan mengambil Jurusan Teknik Komputer jika ingin bekerja di perusahaan rintisan.

Jurusan Teknik Komputer merupakan jurusan yang mendalami bidang komputerisasi, contohnya seperti mempelajari algoritma dan keamanan jaringan komputer. Beberapa peluang karier di startup yang terbuka untuk Jurusan Teknik Komputer adalah big data engineer, machine learning engineer, dan information security analyst.

3. Jurusan Manajemen

Enggak cuma bidang teknologi saja, perusahaan startup juga membutuhkan seseorang yang memiliki pengetahuan mengenai seluk beluk organisasi untuk membangun flow kerja yang rapi. Oleh karena itu, Jurusan Manajemen bisa kamu pertimbangkan, nih, untuk mengejar karier di dunia startup.

Jurusan Manajemen merupakan jurusan yang mempelajari seluk beluk suatu organisasi atau perusahaan. Prospek karier yang terbuka untuk Jurusan Manajemen pun cukup beragam, kamu bisa berkarir di bidang marketing, finance, hingga human resource. Menarik, bukan?

4. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jika kamu menggunakan aplikasi yang memiliki tampilan visual berantakan dan susah digunakan tentu akan mengganggu, bukan? Oleh karena itu, untuk mendukung penggunaan teknologi dalam lingkungan startup, dibutuhkan seseorang yang ahli mendesain tampilan web atau aplikasi seefektif dan semenarik mungkin.

Nah, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) bisa jadi pilihan, nih. Jurusan ini akan melatih kamu membuat sebuah desain yang interaktif dan mencakup kebutuhan masyarakat. Nantinya, kamu bisa berkarir sebagai seorang product design, web design, atau UI/UX.

5. Jurusan Komunikasi

Pernahkan kamu tertarik membeli sesuatu karena iklannya yang menarik? Nah, membuat rencana pemasaran melalui iklan atau mengkomunikasikan brand awareness kepada masyarakat ini merupakan keahlian yang diajarkan di Jurusan Komunikasi, lho.

Keahlian komunikasi ini pun sebenarnya nggak cuma dibutuhkan di perusahaan startup, tapi hampir di seluruh perusahaan bidang lainnya. Prospek karier yang terbuka untuk jurusan ini di antaranya adalah marketing, content creator, hingga copy/content writer.

6. Jurusan Sistem Informatika

Berkaitan dengan informasi data, Jurusan Sistem Informatika menjadi jurusan untuk startup selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan. Jurusan Sistem Informatika akan mempelajari pengolahan informasi yang nantinya akan diimplementasikan pada sistem. Dengan begitu, software akan menjadi lebih efektif.

Di perusahaan startup, posisi yang berpeluang diisi oleh Jurusan Sistem Informatika adalah web developer, IT, system analyst, dan sebagainya.

7. Jurusan Statistika

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, pengolahan data atau big data tentu berperan penting untuk pembuatan produk dan penjualannya. Nah, salah satu Jurusan yang mendalami analisis data adalah statistika.

Sebagai mahasiswa Jurusan Statistika, kamu akan mempelajari pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan penganalisisan data. Data-data tersebut yang nantinya akan berguna untuk pengembangan di perusahaan rintisan.

Kalau kamu berminat di jurusan ini, prospek karir yang terbuka untukmu di antaranya adalah data scientist dan analisis di berbagai bidang.

8. Jurusan Administrasi Bisnis

Kemudian, Jurusan Administrasi Bisnis juga banyak dibutuhkan, lho, dalam industri startup. Tanpa pemahaman terkait bisnis yang matang, besar kemungkinannya perusahaan akan rugi. Salah satu jurusan yang bisa memenuhi keahlian tersebut adalah Jurusan Administrasi Bisnis.

Jurusan satu ini memiliki kemiripan dengan Jurusan Manajemen, yaitu sama-sama mendalami seluk-beluk dunia bisnis. Namun, di Jurusan Administrasi Bisnis kamu juga akan mempelajari perihal regulasi, seperti pajak dan sistem pemerintahannya.

9. Jurusan Akuntansi

Masih dari bidang ekonomi, lulusan Jurusan Akuntansi juga dibutuhkan, lho, di perusahaan startup. Keahlian di bidang Akuntansi ini dibutuhkan untuk membuat pencatatan keuangan yang rapi.

Dengan begitu, pencatatan keuangan perusahaan dianalisis dan dijadikan evaluasi untuk perkembangan. Beberapa contoh prospek karir yang terbuka untuk lulusan Akuntansi adalah akuntan dan aktuaris.

10. Jurusan Psikologi

Terbayang nggak, sih, apa jadinya jika kamu bekerja dengan tim yang kurang kompeten? Pastinya akan cukup mengganggu kinerja tim, ya. Oleh karena itu, seseorang dengan keahlian menganalisis karakter orang akan dibutuhkan oleh perusahaan, termasuk perusahaan rintisan.

Nah, salah satu jurusan yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut adalah Jurusan Psikologi. Jurusan ini akan mengajarkan kamu mengenai analisis karakteristik seseorang dalam lingkungan masyarakat. Prospek karier yang terbuka untuk jurusan ini adalah recruiter dan human resource
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)