Begini Cara Menulis Skripsi yang Baik dan Benar, Biar Cepat Lulus

Rabu, 09 November 2022 - 09:11 WIB
loading...
Begini Cara Menulis Skripsi yang Baik dan Benar, Biar Cepat Lulus
Berikut cara menulis skripsi yang baik dan benar untuk mempermudah mahasiswa meraih gelar sarjananya. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Menulis skripsi merupakan tahapan akhir bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi sarjananya di perguruan tinggi . Namun masih banyak yang menganggap skripsi itu menakutkan hingga menunda kelulusannya.

Mendapatkan dosen pembimbing yang galak dan susah diajak berdiskusi menjadi salah satu penyebab mahasiswa menunda membuat skripsi hingga yang semestinya mahasiswa bisa lulus 4 tahun menjadi lebih lama lagi.

Buat kalian yang masih bingung tentang seluk beluk penulisan skripsi, berikut ini cara menulis skripsi yang baik dan benar agar kamu bisa lulus kuliah tepat waktu, dikutip dari laman Brain Academy.

Apa itu Skripsi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skripsi adalah karya ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa semester 7 atau 8 sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya. Atau dengan kata lain, skripsi merupakan syarat kelulusan untuk mahasiswa jenjang S1. Sedangkan untuk mahasiswa S2 dan S3, syarat kelulusannya berupa tesis dan disertasi.

Tujuan Skripsi

Selain untuk memperoleh gelar Sarjana, skripsi juga bertujuan melatih kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah secara sistematis dengan menggunakan teori yang sudah dipelajari di bangku perkuliahan. Hasil penelitian ini tentunya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Kapan Skripsi Dibuat?

Skripsi dapat disusun apabila mahasiswa telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

- Lulus 144 SKS.
- Tidak ada nilai D dan E pada mata kuliah.
- Menyelesaikan KKN, Laporan Magang atau PKL, serta lulus seminar proposal.
- Memenuhi syarat lain yang ditetapkan oleh fakultas masing-masing.
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2068 seconds (11.97#12.26)