IPB University Fasilitasi Mahasiswa Raih Beasiswa dan KIP Kuliah, Ini Kuncinya

Kamis, 10 November 2022 - 16:53 WIB
loading...
A A A
"Selain itu, kampus merdeka mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja," terang Dr Sony.

Dalam kesempatan yang sama, ia mengatakan bahwa kampus merdeka juga bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul. Ada 8 kegiatan kampus merdeka, yakni adanya pertukaran mahasiswa, magang, mengajar di sekolah, penelitian, proyek kemanusiaan, kewirausahaan mahasiswa, studi atau proyek mandiri dan membangun desa.

"Dalam 11 tahun terakhir, jumlah mahasiswa tidak mampu yang menerima beasiswa Bidikmisi dan KIP kuliah sudah meningkat 10 kali lipat," tandasnya.

Sementara itu, Tim Information and Technology (IT) Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Dean Apriana Ramadhan, Skom, MKom mengatakan agar mahasiswa dapat menikmati proses studi dan melaksanakan apa yang menjadi kesepakatan antara mahasiswa penerima beasiswa dengan institusi sesuai dengan yang tertulis di kontrak.

"Dengan minimal Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 2,75, itu yang menjadi perhatian. Kemudian harus ada kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Silahkan disesuaikan saja dengan minat dan bakat," ungkap Dosen Departemen Ilmu Komputer IPB University ini.

Ia berbagi kisah dan pengalaman ketika masih menjadi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. "Ketika saya sudah lulus kerja, saya akan jadi donatur beasiswa. Kenapa seperti itu? Karena, ketika kita masih memikirkan diri sendiri berarti kita tidak siap untuk berkontribusi pada sesuatu yang sebenarnya membentuk kita," ujarnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3592 seconds (0.1#10.140)