Berdedikasi pada Bidang Ilmu Rekayasa, Peneliti UI Raih Habibie Prize 2022

Sabtu, 12 November 2022 - 16:59 WIB
loading...
A A A
Selama 13 tahun menjadi guru besar, Prof. Riri telah membimbing 26 mahasiswa doktor, 42 mahasiswa magister, dan 123 mahasiswa sarjana. Ia telah banyak melakukan kolaborasi bersama para profesor dan peneliti-peneliti dari berbagai negara untuk membimbing dan menguji mahasiswa S3 melalui grup riset yang dipimpinnya. Grup riset tersebut bergerak di bidang Internet of Things, Protocol Engineering, Jaringan Komputer, dan Teknologi Blockchain, aktif berkolaborasi dengan Laboratorium Broadband Wireless Access di Taiwan Tech (NTUST). Selama empat tahun terakhir ini, ia membimbing beberapa mahasiswa yang secara rutin mengikuti praktik kerja selama dua bulan di NTUST. Hingga saat ini, sudah terdapat 13 paten dan hak cipta yang diperoleh hasil kolaborasi timnya.

Selain aktif membuat terobosan, Prof. Riri aktif dalam berbagai kegiatan, seperti menggalakkan penelitian di kalangan generasi muda dengan menjadi Ketua Dewan Juri dan President Indonesia Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Selain itu, ia juga mendorong peranan perempuan di bidang teknologi dengan menjadi sebagai Koordinator Women in Engineering Institute of Electronics and Electrical Engineer (IEEE) Indonesia. Prof. Riri telah melakukan berbagai kampanye dan memberikan bukti kontribusi perempuan dalam bidang keamanan dunia maya di Indonesia Women in Cybersecurity (IWCS).

Saat ini, Prof. Riri menjadi Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di bidang Pemberdayaan Perempuan, Anak, Pemuda, Lansia dan Kesehatan. Atas berbagai kolaborasi dan prestasi yang telah diraih, Prof. Riri telah mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri seperti gelar Profesor Kehormatan dari KAZNAU Kazakhstan (2017) dan the Most Inspiring Engineer dari WIE IEEE Asia Pacific.

Pada tahun 2009, Prof. Riri pernah terpilih menjadi dosen berprestasi terbaik di tingkat UI dan juara 3 di tingkat nasional. Ia juga turut menjadi juri di berbagai kompetisi nasional di bidang berbasis teknologi seperti CIO, juri berbagai skema pendanaan penelitian, reviewer berbagai seleksi beasiswa luar negeri dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

“Penghargaan Habibie Prize 2022 dari BRIN di bidang Rekayasa khususnya di bidang Computer Engineering adalah penghargaan prestisius yang sangat rewarding. Saya berterima kasih pada Yanbinbang SDM Iptek, Keluarga Besar Bapak B.J Habibie, dan BRIN serta pimpinan dan sivitas akademika Universitas Indonesia. Penghargaan untuk banyak karya di bidang teknologi informasi dan komunikasi ini, membuat saya berharap akan banyak yang akan berprestasi kedepannya di bidang ini Teknik Komputer dan infrastruktur siber di Indonesia,” kata Prof. Riri.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)