Orang Tua, Ini 7 Cara Mendidik Anak untuk Berpikir Kritis

Minggu, 13 November 2022 - 15:39 WIB
loading...
Orang Tua, Ini 7 Cara Mendidik Anak untuk Berpikir Kritis
Mendidik anak untuk berpikir kritis sejak dini penting dilakukan oleh orang tua. Foto/Dok/Pendidikan Inklusi Cikal.
A A A
JAKARTA - Mengajarkan anak untuk bisa selalu bertanya mendalam dengan membuatnya berpikir kritis bukan lah hal yang mudah. Namun hal itu bukan mustahil untuk dilakukan.

Mengajari anak untuk bersikap kritis menjadi penting pada saat ini. Terlebih saat banyak kabar-kabar atau informasi hoaks yang merajalela di internet.

Dengan berpikir kritis maka anak pun bisa menyerap informasi yang penting bagi dirinya namun juga tidak mudah menganggap benar semua informasi yang tidak mereka ketahui.

Lalu bagaimana cara mengajarkan anak untuk berpikir kritis sejak dini? Dikutip dari laman Ruangguru, berikut ini 7 langkah yang bisa dilakukan orang tua.

Baca juga: SMAN 1 Kawali Jadi Percontohan Sekolah Toleransi dan Antihoaks di Jabar

1. Dorong anak untuk lebih banyak bertanya

Bertanya adalah kunci. Segala sesuatu yang ada di dunia tercipta bahkan awalnya karena sebuah pertanyaan. Dorong anak untuk selalu bertanya akan segala hal, mulai dari yang remeh-temeh, yang paling membuatnya penasaran. Hal itu akan membuat anak bisa berpikir kritis ke depannya.

2. Kurangi memberikan jawaban secara langsung

Bila anak sudah banyak bertanya sesuatu kepada orang tua, usahakan jangan langsung memberikan jawabannya, hal itu akan membuat anak merasa cepat puas. Alhasil, anak tidak terbiasa berpikir karena selalu disuguhi jawaban dari rasa ingin tahu mereka.

3. Beri anak pertanyaan terbuka
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2519 seconds (11.210#12.26)