5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Senin, 14 November 2022 - 11:00 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Menjadi Pengusaha Sukses
5 jurusan kuliah ini bisa dipertimbangkan bagi mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha sukses. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Menjadi seorang pengusaha itu salah satu karier yang menjadi pilihan banyak anak muda. Berikut ini ada sejumlah jurusan kuliah yang cocok untuk mewujudkan impianmu.

Sebetulnya, setiap mahasiswa bisa menjadi seorang pengusaha selepas kuliah dari apapun jurusan yang diambil saat studi di perguruan tinggi. Namun demikian, mungkin kamu ingin mengambil jurusan yang bisa mendukung dan memberikan ilmu yang bisa membantu kamu untuk menjadi pengusaha yang kompeten.

Dikutip dari laman Universitas Multimedia Nusantara, berikut ini rekomendasi lima jurusan kuliah cocok untuk calon pengusaha.

1. Ekonomi (Economics)

Intinya, semua jurusan yang berhubungan dengan bisnis tentunya akan sangat cocok untuk para calon pengusaha seperti akunting dan juga ekonomi. Banyak orang yang mengatakan bahwa jurusan ekonomi adalah jurusan yang terbaik untuk pengusaha! Kenapa? Karena Ekonomi itu tidak hanya ilmu matematika, tetapi juga mempelajari ilmu kemasyarakatan.

Banyak orang sukses dalam bisnis belajar ekonomi di seperti Diane von Furstenberg dan Elon Musk Dalam program ekonomi, mahasiswa akan belajar bagaimana ekonomi dan pasar bekerja. Mahasiswa juga akan mengetahui mengenai microeconomics dan macroeconomics. Ekonomi mikro mengacu pada bagaimana orang menggunakan kekayaan mereka sementara ekonomi makro melihat pengangguran, inflasi, dan perjuangan moneter di seluruh dunia. Intinya, belajar ekonomi akan membantu kalian menilai sebuah pasar dan membantu bisnismu untuk mengambil keputusan yang terbaik.

Baca juga: Tertarik Bekerja di BIN? Ini Program Studi yang Tersedia di STIN

2. Kewiraswastaan (Entrepreneurship)

Calon mahasiswa yang berencana untuk membangun bisnis sendiri bisa langsung ke jurusannya, kewiraswastaan atau entrepreneurship. Di sini kalian akan langsung belajar cara membangun sebuah bisnis dari nol. Berbagai hal penting akan kamu pelajari seperti marketing, problem-solving, pengambilan keputusan, dan lain-lain. Di jurusan kewiraswastaan, mahasiswa akan ditantang dan belajar untuk menjadi kreatif, kritis, dan inovatif.

3. Akunting (Accounting)

Mengapa para pengusaha atau entrepreneurs perlu memahami akunting? Karena keberhasilan sebuah bisnis selain bergantung pada marketing, juga bergantung pada perencanaan dan pengelolaan anggaran, menyeimbangkan pembukuan, dan merevisi strategi keuangan seperlunya.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Para Penyuka Kimia

Terutama bagi bisnis startup, manajemen keuangan yang efektif akan menghasilkan hasil yang diharapkan seperti pengembalian modal bisnis dan keuntungan. Inilah kenapa semua bisnis memerlukan akuntan yang andal. Lulusan akunting dapat mengevaluasi kinerja perusahaan dan menilai aspek mana yang layak untuk diinvestasikan, serta aspek apa yang perlu ditingkatkan atau dibuang.

4. Ilmu Komputer (Computer Science)

Jurusan ilmu komputer menjadi salah satu jurusan populer bagi mahasiswa baru saat ini. Tidak hanya bisa jadi data scientist, kalian juga bisa menjadi seorang pengusaha, terutama bagi yang mau jadi tech entrepreneurs dan membangun tech startup. Semakin baik kamu paham tentang teknologi dan cara menggunakannya. Bahkan, di beberapa universitas, mahasiswa ilmu komputer harus mengambil kelas kewiraswastaan. Di dunia yang serba teknologi ini, seseorang yang mahir dalam ilmu komputer bisa membuat bisnis yang revolusioner seperti sebuah software baru yang orang-orang tidak pernah pikir mereka membutuhkannya, atau membangun perangkat IoT besar berikutnya yang dapat mengubah cara hidup orang.

5. Ilmu Komunikasi (Communications)

Kamu sudah memiliki ide bisnisnya, atau bahkan sudah memiliki produknya, lalu bagaimana kamu akan mempromosikan bisnismu ini? Itulah tugasnya lulusan-lulusan ilmu komunikasi yang paham mengenai public relations dan marketing. Tidak peduli betapa bagus dan kerennya produk atau jasa sebuah bisnis, tanpa marketing yang baik, mungkin bisnismu tidak akan dikenal banyak orang. Terutama bagi yang belajar marketing, kamu akan paham bagaimana cara memperkenalkan sebuah bisnis, cara menarik perhatian orang, cara membuat iklan yang menarik, dan bagaimana kamu bisa membuat iklan yang tidak memelorotkan dompet tetapi efektif!

Demikian tadi lima jurusan kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7750 seconds (0.1#10.140)