Mengenal Program Fast Track Sarjana ke Magister di UGM

Senin, 14 November 2022 - 16:11 WIB
loading...
Mengenal Program Fast Track Sarjana ke Magister di UGM
Mengenal program Fast Track Sarjana ke Magister yang dibuka di UGM. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada ( UGM ) memiliki program Fast Track Sarjana ke Magister. Program ini memungkinkan mahasiswa menyelesaikan studi S1 dan S2 sekaligus dalam waktu 5 tahun.

Program ini terbuka untuk seluruh mahasiswa UGM namun ada persyaratan spesifik yang berlaku dan ditentukan oleh program studi. UGM membuka program fast track ini di antaranya di Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Geografi.

Dikutip dari laman Fakultas Geografi UGM, Program Fast Track dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa sarjana yang memiliki kemampuan akademik, motivasi studi lanjut, engagement riset dan publikasi, serta komitmen penyelesaian studi tepat waktu yang tinggi.

Bagi mahasiswa sarjana pada semester tujuh atau delapan yang sedang melaksanakan penelitian tugas akhir (skripsi) dapat mengikuti pembelajaran secara beririsan pada program magister.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Para Penyuka Kimia

Nantinya, mahasiswa yang ingin ikut program ini terlebih dulu menjalani seleksi ketat dan tim seleksi yang dibentuk kampus. Lalu untuk menjamin keberhasilannya, mahasiswa akan dimonitor studinya juga secara ketat.

Mahasiswa program Fast Track juga harus membuat topik riset yang linier antara topik skripsi sarjana dan tesis magister dan dipandu oleh dosen pembimbing yang sama atau sebidang.

Program ini dirancang UGM untuk magister by research. Mahasiswa program Fast Track ditarget dapat lulus magister dalam kurun waktu tiga semester. Mahasiswa juga akan berkesempatan memublikasikan publikasi pada jurnal atau seminar internasional bereputasi.

Program Fast Track memiliki tiga tujuan penting, yakni:

1. Memfasilitasi mahasiswa sarjana yang unggul dibidang akademik dan Bahasa Inggris, serta memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan ke Program Magister
2. Meningkatkan jumlah mahasiswa unggul di Program Magister
3. Meningkatkan motivasi riset dan publikasi ilmiah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1067 seconds (11.97#12.26)