Catat! Ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan agar Lulus Tes TNI atau Polri

Senin, 14 November 2022 - 18:42 WIB
loading...
Catat! Ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan agar Lulus Tes TNI atau Polri
Tes masuk TNI dan Polri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Fisik sehat dan kuat, mental siap, serta postur tubuh yang gagah saja belum bisa menjamin keberhasilan seseorang dalam mengikuti tes masuk TNI atau Polri .

Selain urusan fisik seperti bakat, potensi, dan kesiapan mental, juga perlu diasah serta didukung dengan pengetahuan dasar seperti kemampuan tes akademik , psikologi, dan kemampuan berbahasa.



Sudah bukan rahasia umum lagi jika tidak ingin gugur dalam tes kemampuan jasmani, harus dilatih jauh-jauh hari dengan mengikuti latihan rutin seperti, tes lari 12 menit, push up, sit up, pull up atau chinning up, shuttle run, dan berenang.

Kegagalan dalam tes fisik, kemungkinan besar disebabkan kurangnya rutinitas dalam latihan. Jadi, sering-sering berlatih bisa menjadi salah satu kunci agar lolos dalam kemampuan standar tes fisik ini.

Selanjutnya, jika Anda ingin lulus dalam seleksi TNI atau Polri, ada beberapa tahapan yang harus jalani yaitu: Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Mental Ideologi, Psikologi, dan Akademik.



Berikut kami akan memberikan beberapa tips agar lulus menjadi anggota TNI atau Polri. Tips ini akan memberikan pemahaman kepada Anda, dan Anda harus menerapkan atau berlatih agar tips disini menjadi kebiasaan dan membentuk jiwa Anda dalam menghadapi tes seleksi TNI dan Polri.

1. Administrasi

Penilaian administrasi dilakukan dengan melalui pemeriksaan dokumen yang diperlukan atau yang sesuai dengan persyaratan untuk mendaftar menjadi anggota TNI atau Polri. Administrasi tersebut berdasarkan tentang diri Anda yang meliputi, Ijazah, KIP, KK, dan administrasi yang lainnya yang sesuai dengan persyaratan.

Pemeriksaan administrasi akan dilaksanakan secara cermat, teliti, dan tertib, atas kelengkapan, kebenaran, dan keabsahan dokumen dengan berpedoman pada ketentuan pemeriksaan yang berlaku. Sehingga Anda harus menyiapkan data yang sesuai dan akurat.

2. Kesehatan

Penilaian aspek kesehatan dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan secara terbatas, khususnya pada materi sesuai sektor U (kapasitas fisik secara umum), A (anggota atas), B (anggota bawah), D (alat pendengaran dan keseimbangan) L, (alat penglihatan) serta G (gigi dan mulut).

Untuk lulus pada tes kesehatan, maka Anda harus memiliki kesehatan yang sesuai dengan sektor U. Apabila salah satunya tidak bisa Anda penuhi sudah pasti Anda tidak akan lulus pada tes ini.

Sehingga siapkan diri Anda, dengan cara periksakan diri Anda ke klinik atau dokter yang sesuai dengan bidangnya. Atur pula pola makan Anda serta olahraga yang cukup agar kesehatan Anda stabil pada saat tes.

Pemeriksaan ini kemungkinan besar sama seperti tahun yang lalu atau tes yang sudah-sudah, Anda akan diperiksa dengan tubuh telanjang, sehingga kekurangan sedikitpun akan terlihat. Meskipun hanya penyakit kecil seperti penyakit kulit atau varises pasti akan terlihat.

3. Jasmani

Penilaian aspek jasmani dilakukan dengan cara pemeriksaan postur yang meliputi tinggi atau berat badan, struktur anatomi, sikap gerak dan penampilan, dengan berpedoman pada ketentuan penilaian yang berlaku. Pemeriksaan jasmani ini hampir sama dengan pemeriksaan kesehatan, Anda akan diperiksa dengan tubuh telanjang.

Oleh karena itu, periksalah kesehatan jasmani Anda ke klinik atau dokter yang sesuai dengan bidangnya, latihlah diri Anda agar sikap, gerak, dan penampilan Anda cocok dan sesuai untuk menjadi anggota TNI atau Polri.

Bayangkan diri Anda seakan-akan Anda sudah menjadi anggota TNI atau Polri, seperti apa sikap, penampilan, dan gerak yang harus Anda lakukan. Anda dapat lakukan ini selama 21 hari.

4. Mental Ideologi

Penilaian pada aspek ini dilakukan dengan cara pengisian data awal calon dalam bentuk formulir Daftar Isian Pertanyaan DIP, yang mana meliputi data mengenai riwayat hidup, riwayat tempat tinggal, riwayat sekolah, riwayat permasalahan hukum atau data-data lain yang digunakan sesuai dengan perkembangan kondisi.

Penilaian ini dilaksanakan melalui penelitian personel tentang berbagai aspek dalam pemahaman atau ajaran ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki mental yang kuat untuk mengabdikan diri Anda terhadap NKRI.

Anda dapat membaca dan memahami makna dari Pancasila dan UUD 1945. Hal tersebut merupakan langkah awal Anda untuk memiliki mental ideologi ini.

5. Psikologi/Psikotes

Penilaian aspek psikologi dilakukan dengan cara pemeriksaan psikologi, yang meliputi aspek intelegensi serta kepribadian atau stabilitas emosi dengan berpedoman pada ketentuan pemeriksaan yang berlaku.

Pada tes psikologi ini, Anda akan diberikan beberapa soal dengan durasi waktu. Anda diwajibkan memiliki fokus yang tinggi, kesehatan yang cukup, serta mental yang kuat. Untuk seleksi tingkat daerah, tes psikologi atau yang dikenal dengan tes psi akan dilakukan secara tertulis, dengan mengerjakan serangkaian soal psikotes/TPA.

Untuk tulus pada tahap ini Anda harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes, baik yang kalian dapatkan di toko buku atau lebih baik lagi dengan soal-soal psikotes TNI atau Polri tahun sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan materi psikotes tidak akan jauh berbeda dengan yang lainnya, yang wajib Anda lakukan untuk lulus tahap ini adalah banyak berlatih mengerjakan soal-soal dengan tipe yang sama.

6. Akademik

Seleksi ini berkaitan dengan pengetahuan akademik Anda, yang mana meliputi tes mata pelajaran yang sudah Anda dapatkan saat menempuh pendidikan SMA/sederajat.

Namun, kami sarankan agar Anda membeli buku soal-soal tes TNI atau Polri. Dan jika memungkinkan, carilah soal-soal tes TNI atau Polri tahun yang lalu, karena materi tes dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda. Artinya tingkat kesulitan soal hampir sama atau sama.

Kemudian, coba Anda ikuti bimbingan belajar khusus untuk persiapan tes TNI atau Polri, atau Anda juga bisa mencari guru privat untuk datang ke rumah agar belajar lebih nyaman.

7. Pantohir

Pantohir adalah tes terakhir yang harus Anda jalani. Pada tes ini, biasanya Anda akan dibawa ke dalam ruangan di hadapan para petugas dan Anda akan di wawancara terkait kesiapan Anda untuk menjadi anggota TNI atau Polri.

(MG/Vadma Gempita)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0792 seconds (0.1#10.140)