5 Jurusan Kuliah yang Mahasiswanya Belum Lulus tapi Sudah Dipekerjakan Perusahaan, Cek Daftarnya

Rabu, 16 November 2022 - 05:33 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Mahasiswanya Belum Lulus tapi Sudah Dipekerjakan Perusahaan, Cek Daftarnya
Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mahasiswa , untuk kerja tidak harus menunggu lulus kuliah dahulu.Belum mempunyai ijazah bukan menjadi halangan untuk memperolah pekerjaan bagi mahasiswa.

Terdapat jurusan kuliah yang mahasiswanya belum lulus tetapi sudah kerja. Jurusan apa yang bisa menunjang dua aktivitas tersebut secara bersamaan.



Berikut daftarnya:

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Salah satu jurusan kuliah yang mahasiswanya belum lulus tapi sudah bisa kerja adalah desain komunikasi visual (DKV).

DKV merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dengan ungkapan kreatif.

Seorang sarjana DKV harus dapat mengolah pesan secara efektif, informatif serta komunikatif.

Terdapat tiga peminatan di jurusan DKV, antara lain komunikasi grafis, komunikasi multimedia, komunikasi visual periklanan.



Mahasiswa jurusan ini dapat menjadi seorang freelancer desain grafis, ilustrator, fotografer, animator hingga web designer.

Prospek kerja setelah lulus dari DKV pun beragam, mulai dari wirausaha, biro konsultan desain, advertising, production house, bekerja di stasiun televisi, percetakan hingga penerbitan.

2. Sastra

Mahasiswa jurusan sastra juga dapat menambah pundi-pundi uangnya sebelum dinyatakan lulus kuliah.

Biasanya mahasiswa ini mengajar di suatu tempat hingga freelancer.

Dengan keterampilan dan keahlian bahasa asing yang dimilikinya, para mahasiswa dapat mengimplementasikannya di dunia kerja.

Berkuliah di jurusan sastra dapat memberikan tambahan ilmu menulis.

Mahasiswa jurusan sastra dapat bekerja sebagai editor, jurnalis, copywriter, content writer, production house, hingga bekerja di instansi pemerintah dan kantor kedutaan besar.

3. Arsitektur

Arsitektur merupakan jurusan kuliah yang mahasiswanya belum lulus sudah dapat bekerja. Mahasiswa jurusan ini dapat bekerja di biro arsitek.

Bekerja di biro arsitektur dapat memberi pengetahuan terkait seluk beluk manajemen perusahaan serta memberi pengetahuan terkait koordinasi dalam suatu proyek.

Menjadi seorang freelancer, membuat start up company hingga bekerja di suatu perusahaan mempunyai potensi dalam memanfaatkan ilmu arsitektur.

4. Teknik informatika

Saat berkuliah di jurusan teknik informatika, mahasiswa akan mempelajari berbagai prinsip yang berkaitan dengan ilmu komputer, mulai dari perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak.

Jurusan ini sangat mudah ditemukan, mulai dari universitas negeri hingga sekolah tinggi swasta.

Jadwal kuliahnya juga fleksibel, mulai dari kelas malam, dari Senin hingga Sabtu. Sejumlah kampus bahkan menyediakan kelas akhir pekan.

5. Pariwisata

Industri Pariwisata di Indonesia cukup seksi. Ini adalah jurusan kuliah terbaik untuk kamu yang passion dengan dunia pariwisata dan ingin berkarier di industrinya.

Dengan masuk jurusan ini kamu bisa dipersiapkan menjadi tenaga handal di bidang Pariwisata.

Kamu bisa belajar bagaimana menjalankan manajemen suatu tempat wisata, menjalankan bisnis tour and travel, dan perhotelan.

Di jurusan ini kamu akan dipersiapkan dengan beberapa materi seperti psikologi jasa, ekonomi pariwisata, bahasa asing, hukum pariwisata, dan lain-lain.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)