Daftar 10 Perusahaan Bergengsi yang Diincar Para Fresh Graduate

Rabu, 16 November 2022 - 16:16 WIB
loading...
Daftar 10 Perusahaan Bergengsi yang Diincar Para Fresh Graduate
Terdapat sepuluh perusahaan bergengsi yang diincar para fresh graduate. Salah satunya Pertamina. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sepuluh perusahaan bergengsi yang diincar para fresh graduate . Sejumlah faktor turut jadi alasan mengapa beberapa perusahaan ini menjadi incaran bagi lulusan baru.

Misalnya seperti gaji yang ditawarkan, keterjaminan hidup, nama perusahaan yang sudah besar, hingga prospek jenjang karier yang bagus.

Baca juga : Fresh Graduate Perlu Tahu, Ini 8 Tips Persiapan Medical Check Up Perusahaan

Berikut 10 perusahaan bergengsi yang diincar para fresh graduate :

1. Telkomsel Indonesia

Di era teknologi informasi ini membuat PT. Telekomunikasi Selular atau Telkomsel jadi perusahaan bergengsi yang diincar fresh graduate.

Berdiri pada tahun 1995, perusahaan berlabel BUMN ini terbilang berani untuk menggaji karyawan entry level, termasuk fresh graduate dengan gaji tinggi. Gaji yang diberikan bisa mencapai dua digit, dikarenakan anak perusahaan PT. Telkom Indonesia ini menjadi salah satu perusahaan dengan laba terbesar.

2. Pertamina

Perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi milik BUMN ini juga selalu memberikan peluang bagi para fresh graduate untuk mendaftar. Tak sedikit pula lulusan baru yang punya kompetensi akan diterima.

Selain itu PT. Pertamina juga memberikan gaji yang besar bagi para karyawannya mengingat perusahaan ini adalah yang paling mendominasi pasar minyak dan gas di Indonesia. Gaji yang diberikan ini bisa mencapai Rp10 juta, angka tersebut belum termasuk tunjangan dan bonus yang diberikan.

3. PT. Freeport Indonesia

Meskipun berlokasi di Provinsi Papua, namun perusahaan pertambangan ini selalu menarik minat fresh graduate untuk ikut mendaftar. Gaji serta benefit yang besar menjadi penawaran menggiurkan bagi para lulusan baru.

Mendapat sekitar Rp 10 hingga Rp 20 juta per bulan untuk karyawan berlevel staff seperti IT, Technician, dan Mekanik tentu akan jadi tawaran yang sulit untuk ditolak.

4. Bank Rakyat Indonesia

Bank Rakyat Indonesia telah menjadi bank BUMN terbesar dan telah memiliki cabang di berbagai daerah dan wilayah Indonesia. Dengan laba yang melonjak tinggi hingga 75,5% pada 2021 lalu membuat BRI jadi perusahaan incaran para fresh graduate.

Terlebih peluang untuk bekerja di bank bagi lulusan baru sangatlah tinggi. Posisi seperti Teller, Customer Service, hingga IT Staff ini kerap dicari oleh perusahaan perbankan tersebut.

5. PT Garuda Indonesia

Meskipun perusahaan maskapai penerbangan ini sempat kesulitan pada masa pandemi, namun kini perusahaan tersebut telah bangkit dan kembali berjalan normal setelah diselamatkan oleh pemerintah Indonesia.

Karena punya nama beken, PT Garuda Indonesia kerap jadi incaran fresh graduate yang kebanyakan mendaftar sebagai staff baik CS maupun IT.

6. PT. Astra International

Perusahaan yang bisa dibilang tertua di Indonesia dikenal memiliki banyak anak perusahaan. Mulai dari yang bergerak di bidang otomotif, asuransi, hingga pertambangan.

Besaran gaji yang dapat diterima juga bervariasi sesuai dengan posisi, yaitu sekitar Rp 6 juta hingga Rp 10 juta. Nama yang bergengsi dan gaji tinggi membuatnya menjadi perusahaan yang diincar fresh graduate.

Baca juga : Fresh Graduate, Ini Tips Sukses Taklukkan Wawancara Kerja

7. Sampoerna

Perusahaan rokok yang berdiri sejak 1913 ini memang terbilang menjanjikan mengingat seluruh PT yang bergerak di bidang tersebut memiliki keuntungan besar.

Bagi para fresh graduate yang mendaftar umumnya akan melalui program pelatihan terlebih dahulu bernama Sampoerna Graduate Trainee (GDT). Gaji yang ditawarkan juga cukup menggiurkan yakni sekitar Rp 7 juta untuk lulusan baru.

8. Google Indonesia

Perusahaan multinasional ini punya produk yang amat sangat dibutuhkan di zaman modern ini. Selain itu suasana kantor juga dibangun dengan nyaman dan modern yang membuat para karyawan betah.

Google yang berbasis di California AS ini punya kisaran gaji minimum Rp 8 juta untuk karyawannya. Itulah mengapa perusahaan ini sangat diincar oleh kawula muda.

9. GoJek

Perusahaan swasta yang melejit beberapa tahun terakhir ini juga kerap menjadi incaran karena menjanjikan gaji yang lumayan.

Selain itu perusahaan yang didirikan pada tahun 2009 oleh Nadiem Makarim ini sekarang tidak hanya berfokus pada transportasi berbasis online saja, namun juga layanan pesan antar, pemesanan tiket, jasa kebersihan, hingga nonton streaming online.

10. Bursa Efek Indonesia

Fresh graduate kini juga mulai mengembangkan minatnya untuk bergabung dalam perusahaan yang menyediakan sistem layanan jual beli saham ini. Seiring meningkatnya minat masyarakat tentang pasar modal membuat PT. Bursa Efek Indonesia semakin berkembang.

Indonesia Stock Exchange juga menawarkan gaji yang besar, termasuk juga untuk fresh graduate. Bayaran yang diberikan per bulannya diperkirakan mencapai Rp 10 hingga Rp 12 juta.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)