Nama-nama Jurusan Kuliah yang Wajib Calon Mahasiswa Ketahui, Jangan Salah Pilih

Kamis, 17 November 2022 - 13:06 WIB
loading...
Nama-nama Jurusan Kuliah yang Wajib Calon Mahasiswa  Ketahui, Jangan Salah Pilih
Jurusan Teknik Industri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai calon mahasiswa yang baru lulus SMA/SMK/MA dan sederajat, mungkin kamu masih bingung dengan banyaknya nama-nama jurusan kuliah yang ada di perguruan tinggi.

Apakah kamu sudah kebayang setelah lulus bakal mengambil jurusan kuliah apa? pasti di antara kalian masih bingung dalam memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat kalian. Tentunya memilih jurusan merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan masa depan.



Sebelum memilih jurusan kamu juga harus tau jurusan tersebut mempelajari tentang apa? sesuai dengan bakat diri atau tidak? Serta prospek kerja setelah lulus nanti apa agar setelah lulus nanti punya gambaran harus mengarah ke mana.

Ulasan kali ini akan membahas mengenai nama-nama jurusan kuliah yang wajib calon mahasiswa ketahui supaya tidak salah dalam memilih jurusan.

1. Jurusan Ilmu Pendidikan

Jurusan Ilmu pendidikan dan pelatihan tentunya cocok banget buat kamu yang mempunyai cita-cita untuk mengajar atau mendidik generasi penerus bangsa. Jurusan yang berada dalam fakultas pendidikan dan keguruan adalah jawabanya. Kamu bisa memilih bidang tertentu untuk didalami di antaranya:

1. MIPA : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi,dll
2. Bahasa : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti bahasa indonesai, bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa arab, bahasa mandarin,dll
3. Sosial : Pada jurusan ini fokus bidangnya pada ilmu pengetahuan sosial seperti, Akuntansi, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dll
4. Teknik : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti Teknik otomotif, Teknik industri, Teknik sipil, Teknik listrik, Teknik komputer dll.
5. Kecantikan : Pada jurusan ini fokus bidangnya seperti Tata Busana, Tata Boga, Tata Rias dll.



Pada jurusan pendidikan juga terdapat beberapa cabang jurusan yang lebih fokus yakni:

1. PGPAUD : Untuk kamu yang ingin mempersiapkan diri menjadi guru PAUD
2. PGSD : Untuk kamu yang ingin mempersiapkan menjadi guru SD
3. Pendidikan Luar Biasa : Untuk kamu yang ingin mempersiapkan menajdi pendidikan atau pendamping bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

2. Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika (MIPA)

Bidang ilmu pengetahuan alam dan matematika merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari tanda-tanda dan fenomena di alam semesta.

Kamu akan belajar ilmu Matematika dan Sains di jurusan ini. Berikut beberapa jurusan kuliah yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahaun alam dan Matematika (MIA dan MIPA):

1. Biologi
2. Fisika
3. Geofisika
4. Kimia
5. Statistika
6. Matematika
7. Astronomi

3. Jurusan Soshum/IPS

Sosial humaniora atau Soshum merupakan jurusan yang cukup banyak peminatnya. Banyak juga anak-anak yang mengambil jurusan IPA/MIPA saat di SMA kemudian beralih kejurusan Kuliah IPS. Berikut merupakan beberapa jurusan Soshum yang menjanjikan masa depan

1. Sastra Inggris
2. Hubungan Internasional
3. Ilmu Komunikasi
4. Ilmu Politik
5. Psikologi
6. Hukum
7. Bisnis dan Manajemen
8. Akuntansi
9. Ekonomi
10. Desain Komunikasi Visual

4. Jurusan Komputer atau Informatika

Bagi kamu yang tertarik dengan komputer cocok banget masuk jurusan ini, kamu akan belajar berbagai hal tentang komputer dan hasil terkait lainnya.

Dalam jurusan informatika ini hal yang biasa di pelajari biasanya seputar dengan pembuatan aplikasi, pengembangan aplikasi, jaringan komputer, database, penerapan sistem komputer,dll. Berikut nama-nama jurusan komputer yang telah di adaptasi oleh negara Indonesia.

1. Teknik Informatika
2. Ilmu Komputer
3. Teknik Komputer
4. Sistem Informasi
5. Sistem Informasi
6. Manajemen Informasi

Untuk penyebaran jurusanya bisa ke berbagai fakultas dan untuk fokus pembelajaranya akan menyesuaikan di fakultas mana jurusan tersebut berada.

5. Jurusan Kedokteran dan Kesehatan

Jurusana Ilmu Kedokteran dan Kesehatan ini sangat cocok bagi kalian yang suka dalam bidang kesehatan. Biasanya orang yang belajar ilmu kedokteran adalah orang-orang yang pekerja keras dan teliti.

Mengapa demikian? Karena pekerjaan yang akan dilakukan akan berkaitan dengan nyawa sesorang. Jurusan Kedokteran dan Kesehatan ini cukup banyak di minati oleh banyak orang.

Kebanyakan orang yang pernah belajar dalam bidang keilmuan ini menyatakan bahwa ketika berkuliah membutuhkan kemampuan menghafal dan mengingat yang baik, serta tidak memiliki rasa takut dan jiji.

Berikut merupakan nama-nama jurusan ilmu kedokteran dan kesehatan

1. Pendidikan Dokter
2. Pendidikan Dokter Gigi
3. Farmasi
4. Kesehatan Masyarakat
5. Keperawatan
6. Kebidanan
7. Ilmu gizi
8. Kedokteran Hewan

6. Jurusan Hukum

Jurusan Hukum merupakan jurusan yang termasuk fakultas yang di gemari nyaris setiap kampus di Indonesia sama halnya dengan Jurusan Kedokteran dan Kesehatan.

Untuk jurusan hukum mengapa banyak di minati oleh banyak orang di setiap fakultas di Indonesia? Karena kebanyakan perusahaan maupun organisasi membuthkan sebagaian besar lulusan fakultas ini.

Lulusan Jurusan Hukum tidak hanya jadi pengacara, hakim, Jaksa, maupun notaris namu lulusan jurusan ini juga bisa menjadi HRD maupun profesi lainya. Berikut nama-nama jurusan dari Fakultas Hukum

1. Hukum Publik
2. Hukum Perdata
3. Hukum Internasioanal
4. Ilmu Hukum
5. Hukum Pidana

7. Jurusan Seni dan Desain

Untuk kamu yang hobi dengan seni cocok banget memilih jurusan seni dan desain. Hidup kamu akan benar-benar berwarna jika kamu bergabung dalam fakultas kesenian.

Mengapa demikian? Karena ketika kalian memilih jurusan seni dan desain setiap aktifitas perkuliahan seni dan desain kamu akan dipaksi untuk mengeluarkan segala daya kreatifitas kamu.

Diawali dengan berimajinasi, berkreasi dan mengaktualisasikan dengan bentuk berbagai aktifitas seperti drama, menari, melukis dan sebagainya.

Berikut nama-nama jurusan Seni dan Desain yang wajib kamu ketahui

1. Seni Tari
2. Seni Rupa
3. Seni Musik
4. Seni Rupa Kreatif dan Desain
5. Kerajinan Tangan
6. Administrasi Seni

Demikian artikel mengenai nama-nama jurusan kuliah yang perlu kamu ketahui, Semoga bisa menjadi referensi kamu dalam memilih jurusan. Perlu di perhatikan juga ketika kalian memilih jurusan kuliah yang menjadi pertimbangan pertama adalah passion atau minat yang di miliki dari dalam diri anda.

Setelah mengetahui minat, kamu dapat mempertimbangkan juga mengenai prospek kerja jurusan yang kalian ambil setelah lulus nanti.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)