Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini Cara Menentukan Jurusan yang Cocok untuk Kalian

Kamis, 17 November 2022 - 18:36 WIB
loading...
Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini Cara Menentukan Jurusan yang Cocok untuk Kalian
Menentukan jurusan menjadi hal utama yang harus difikirkan ketika akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa , menentukan jurusan menjadi hal utama yang harus difikirkan ketika akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Lalu apa yang harus dilakukan ketika kalian masih belum menentukan program studi yang akan diambil?

Dilansir dari laman Universitas Nusa Mandiri, Simak informasi berikut ini untuk mengatahui jurusan yang cocok untuk kamu. Bagaimana Menentukan Jurusan yang Cocok?



Sebagian besar siswa yang telah lulus dari bangku SMA akan memilih untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Jurusan kuliah menjadi hal penting yang harus ditentukan sejak awal agar sesuai dengan passion kamu.

Hal itu juga sebagai persiapan untuk menghadapi perkuliahan dan berbagai tugasnya yang mungkin akan sangat melelahkan.

Menentukan program studi bukanlah hal yang mudah apalagi ketika kamu belum memahami apa yang kamu inginkan. Terdapat beberapa hal yang dapat kamu jadikan bahan pertimbangan dalam memilih jurusan seperti karakteristik, kesukaan dan minat. Dengan beberapa hal tersebut kamu akan lebih merasa nyaman untuk kuliah.



Ketertarikan terhadap suatu hal dapat menjadi alasan bagi kamu untuk melanjutkan pendidikan. Namun, jika kamu masih belum yakin untuk mengambil suatu program studi maka kamu dapat menyimak beberapa tips berikut ini yang akan membantu kamu menentukan jurusan kuliah.

Tips Mendapatkan Jurusan yang Cocok sesuai dengan Passion

Passion menjadi hal yang dapat menjadi pertimbangan untuk melanjutkan jurusan di perguruan tinggi. Mengetahui passion bukanlah hal yang sulit ketika kamu menyimak beberapa tips berikut ini.

1. Memperluas Relasi

Kamu dapat memperluas relasi untuk mengatahui tentang hal yang baru. Terkadang terdapat hal baru yang tidak menarik perhatian kamu, namun relasi yang kamu miliki dapat membuat kamu terbuka terhadap suatu hal baru. Dengan banyak teman, kamu dapat dengan cepat melihat minat yang ada pada diri kamu.

2. Terbuka Terhadap Hal Baru

Semakin terbukanya peluang untuk mendapatkan informasi tentang hal baru tentunya membuat kamu untuk lebih mudah dalam mempelajarinya. Kini, kamu dapat menambah wawasan dengan mudah melalui internet. Kamu juga dapat bergabung ke beberapa komunitas untuk mengetahui hal-hal yang belum kamu ketahui sebelumnya.

3. Menggunakan Skala Prioritas

Semakin luasnya wawasan dan pergaulan maka akan mempertemukan kamu dengan berbagai minat baru. Kini, kamu bahkan dapat tertarik dengan berbagai hal namun baiknya kamu prioritaskan satu ilmu terlebih dahulu yang ingin kamu perdalam.

4. Berkomitmen untuk Meningkatkan Kemampuan

Komitmen sangat penting agar kamu dapat menyelesaikan masa studi kamu. Selain itu, komitmen kamu terhadap jurusan yang kamu ambil juga sangat penting untuk membantu kamu tetap fokus dan ahli di suatu bidang tertentu.

5. Rasa Keingintahuan Tinggi

Rasa ingin tahu menjadi hal utama yang mendorong kamu untuk terus menggali hal yang kamu sukai. Dengan rasa keingintahuan yang tinggi, kamu dapat menuntut ilmu dengan lebih nyaman dan penuh suka cita.

Kini kamu dapat mulai memahami diri kamu agar mengetahui minat dan tentunya jurusan yang kamu inginkan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Menentukan program studi harus dilakukan sebelum kamu melakukan pendaftaran. Jenjang karir juga dapat menjadi pertimbangan untuk melanjutkan pendidikan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)