Ini 5 Jurusan Kuliah bagi Calon Mahasiswa yang Hobi Akting

Jum'at, 18 November 2022 - 14:32 WIB
loading...
Ini 5 Jurusan Kuliah bagi Calon Mahasiswa yang Hobi Akting
Jurusan Televisi dan Film. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berkecimpung di dunia akting merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi kalian yang suka seni drama. Akting adalah seni yang melibatkan banyak aspek di dalam diri yang harus di tonjolkan. Mulai dari gerak tubuh, ekspresi wajah, dan cara berbicara yang bagus.



Mempelajari seni akting harus direncanakan secara bertahap, konsisten dengan diiringi kerja keras. Dalam bekerja keras tentu membutuhkan tempat yang tepat. Sebab, passion saja tidak cukup, karena keterampilan dan kreativitas harus benar-benar diasah dan dipejalari di tempat yang tepat.

1. Televisi dan Film

Pada jurusan yang satu ini, kalian akan belajar lebih dalam tentang perfilman dan pertelevisian. Hal yang dapat kamu pelajari di jurusan ini di antaranya adalah creator video visual, wawasan dan sikap dalam seni serta analisis dalam menangani seni, film fotografi, dan sebagainya.

Setelah lulus dari jurusan ini, kalian memiliki propek kerja yang cukup baik. Melalui jurusan ini, kamu bisa menjadi seorang Teknisi Penyiaran, Teknisi Perlengkapan Kamera dan Fotografi.



Lainnya, Talent Director, Editor Film dan Video, Teknisi Suara, Program Director, dan masih banyak lagi. Karena di Indonesia itu sendiri film-film sedang berkembang, lulusam jurusan ini pasti banyak dicari di dunia kerja.

2. Jurusan Teater

Jurusan teater adalah jurusan yang sangat menyenangkan karena belajar tidak terasa membosankan dan monoton. Sebab, dalam jurusan ini kamu lebih sering mempraktikkan apa yang akan kamu pelajari.

Kalau kamu masuk jurusan teater ini, prospek kerjanya sangat luas. Kamu bisa menjadi seorang pemain drama, aktor atau aktris, talent director, guru drama, pengurus pertunjukan drama bahkan kamu pun bisa menjadi penata riaspertunjukan dan teater.

3. Jurusan Seni Pertunjukan

Jurusan yang satu ini berhubungan dengan jurusan teater tadi. Sementara, jurusan seni pertunjukan sendiri lebih bersifat umum yang akan mempelajari berbagai macam pertunjukan mulai dari seni drama, tari, musik, dan sebagainya.

Selain itu, kamu akan mempelajari hal-hal yang ada di belakang panggung seperti tata suara, tata lampu, anggaran yang harus dikeluarkan, dan lain-lain.

Prospek kerja pada jurusan ini diantaranya kamu bisa menjadi seorang penata lampu, floor director dalam suatu acara atau penampilan, penata suara, bahkan bisa menjadi seorang aktor atau aktris, penari, dan sebagainya.

4. Cinematography

Kalau kalian berkuliah di jurusan cinematography setelah lulus nanti, kalian akan memiliki prospek kerja yang cukup luas. Misalnya, menjadi video editor, kameramen, penata cahaya, dan lain-lain. Bahkan, kamu bisa bekerja di suatu instansi pertelevisian dan bisa juga bekerja di suatu rumah produksi.

5. Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bekerja dalam ranah perfilman. Dalam jurusan ini, kamu akan banyak belajar tentang bagaimana menyampaikan suatu pesan dalam bentuk media visual.

Biasanya tugas-tugas yang diberikan berupa membuat film-film pendek, membuat iklan, dan lain-lain. Pada jurusan ini pun, kamu juga akan belajar tentang animasi bahkan fotografi.

Selain itu, prospek kerja nya yang cukup luas membuat kamu bisa memilih ingin bekerja menjadi seorang editor video, pembuat film animasi, sutradara, dan lain sebagainya.

MG/Nurul Faiza Ridha Vadellah
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2957 seconds (0.1#10.140)