Karya Tim Semar UGM, Mobil Listrik Terhemat se-Asia di Shell Eco-Marathon 2022

Jum'at, 18 November 2022 - 19:46 WIB
loading...
Karya Tim Semar UGM, Mobil Listrik Terhemat se-Asia di Shell Eco-Marathon 2022
Tim Semar UGM berhasil memecahkan rekor sebagai kendaraan listrik dengan konsumsi energi paling irit dalam kompetisi Shell Eco-Marathon 2022. Foto/Dok/UGM
A A A
JAKARTA - Nama mobil Semar UGM pasti sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa pengembang kendaraan hemat energi. Mobil besutan tim Semar UGM ini kerap membawa pulang penghargaan dari kompetisi-kompetisi bergengsi mobil hemat energi di tingkat nasional bahkan internasional.

Ada beragam mobil yang dikembangkan oleh tim Semar UGM antara lain mobil berbahan dengan sumber energi listrik, gasoline, dan diesel.



Salah satunya adalah mobil Semar Proto yang baru-baru ini berhasil memecahkan rekor sebagai kendaraan listrik dengan konsumsi energi paling irit dalam kompetisi tahunan Shell Eco-Marathon 2022.

Ketua Umum tim Semar UGM, Abdul Adzim Iftikar Mardiansjah, mengatakan pada kompetisi yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, NTB pada 11-15 Oktober 2022 tim Semar Proto sukses meraih juara 1 di kategori Prototype Kelas Battery-Electric dengan rekor jarak tempuh 587 km/kWh.

Capaian itu memecahkan rekor sebelumnya oleh tim HuaQi EV dari China dengan jarak tempuh 501 km/kWh.



Mobil Semar Proto merupakan kendaraan hemat energi yang dikembangkan dengan mesin konvensional. Memiliki koefisien drag 0.11 dan memanfaatkan bahan carbon fiber untuk body mobil. Pemilihan bahan tersebut sebagai upaya untuk menyiasati bobot kendaraan sehingga berat totalnya 27 Kg.

"Ini menjadi berat teringan dari mobil yang pernah kita kembangkan," ungkap Adzim dalam konferensi pers, Jumat (18/11/2022).

Sementara untuk penggeraknya, mobil Semar Proto ini menggunakan motor listrik DC berdaya 250 Watt dan tegangan 48 Volt.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6005 seconds (0.1#10.140)