4 Universitas dengan Jurusan Arsitektur Terbaik di Dunia

Jum'at, 18 November 2022 - 20:30 WIB
loading...
4 Universitas dengan Jurusan Arsitektur Terbaik di Dunia
University College London (UCL). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Banyak sekali universitas terbaik di dunia, yang mana penilaian tersebut sebagian besar diperoleh dari kualitas jurusan yang ada pada universitas masing-masing. Kali ini, kami akan memberikan informasi tentang universitas yang memiliki jurusan arsitektur terbaik di dunia.

Arsitektur merupakan salah satu program studi atau jurusan yang banyak diminati calon mahasiswa baru. Salah satu alasan terbesarnya adalah jurusan arsitektur ini memiliki prospek pekerjaan yang mudah dan sangat baik.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Mahasiswanya Belum Lulus tapi Sudah Dipekerjakan Perusahaan, Cek Daftarnya

Di antara tahun 2016 dan tahun 2026, prospek kerja jurusan arsitektur dikatakan akan meningkat sebanyak 4 persen. Jurusan arsitektur sendiri mempelajari berbagai hal terkait perancangan bangunan, baik dari segi teknik, desain dan konsep, manajemen proyek, hingga pelestarian bangunan dan lingkungan.

Menurut QS World University Rankings (QS WUR), universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang ada di Amerika Serikat. Dari penilaian tersebut MIT mendapatkan skor tertinggi di skala global, yakni 97,2.

QS WUR melakukan penilaian berdasarkan reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, dan juga dampak penelitian. Perolehan skor berkisar antara 1-100, yang mana semakin tinggi skornya maka universitas tersebut dikatakan semakin baik.

Baca juga: Kiprah 2 Dosen dan 2 Mahasiswa IPB Lolos Program Khusus di Universitas Montpellier Prancis

Namun, selain MIT masih ada universitas lain yang memiliki jurusan arsitektur terbaik di dunia. Universitas mana sajakah? Simak penjelasan berikut ini:

1. The Bartlett School of Architecture di University College London (UCL)

The Bartlett School of Architecture masih bagian dari University College London (UCL). Di sini, Anda bisa menemukan berbagai program arsitektur, mulai dari program gelar sarjana, master, doktor, program singkat, hingga program professional.

Selain itu, di sini terdapat program arsitektur dan perencanaan kota yang mana paling kompetitif dan bergengsi di dunia. Semua program yang tersedia di sini merupakan peringkat kedua di seluruh dunia yang sudah divalidasi oleh banyak survei termasuk QS WUR.

2. Delft University of Technology (TU Delft)

Universitas yang terletak di Belanda ini memiliki sekitar 2.900 mahasiswa. Lingkungan di departemen arsitektur TU Delft sangat cocok untuk para peneliti di bidang arsitektur, karena di sini terdapat program khusus untuk penelitian di bidang arsitektur.

Selain itu, program yang disediakan pada kampus ini mencakup program sarjana dengan bahasa pengantar dalam bahasa Belanda dan master dalam bahasa Inggris. Program-program tersebut tidak hanya dalam arsitektur, namun juga mencakup perumahan, fisika bangunan, sampai desain iklim.

3. Harvard University

Jurusan arsitektur di Harvard University menjadi jurusan arsitektur terbaik di Amerika dan dunia. Hal ini disebabkan karena jurusan arsitektur di Harvard tidak hanya terbaik secara pendidikan, namun juga terbaik dalam penelitian di bidang arsitektur.

Program yang tersedia di sini mencakup program gelar sarjana, master, doktor, hingga program penelitian non-gelar.

4. University of California, Berkeley (UCB)

Departemen arsitektur di UCB ini dikenal dengan pengajarannya yang inovatif, penelitian ilmiah, penyelidikan desain yang kritis, serta praktik sintesis.

Program yang ditawarkan pada jurusan arsitektur di universitas ini mulai dari tingkat sarjana, master, hingga doktor.

Demikianlah beberapa universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia. Jika Anda berminat untuk melanjutkan pendidikan di salah satu universitas tersebut, pastikan Anda mengetahui cara-cara untuk mendaftarnya. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk belajar dengan giat.

MG/Vadma Gempita
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1841 seconds (11.97#12.26)