Sederet Perguruan Tinggi Swasta Berkualitas di Indonesia dengan Biaya Murah

Jum'at, 18 November 2022 - 23:46 WIB
loading...
Sederet Perguruan Tinggi Swasta Berkualitas di Indonesia dengan Biaya Murah
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Foto/Dok/Humas UMY
A A A
JAKARTA - Kampus swasta di Indonesia sejatinya tidak kalah kualitas dan mutunya dengan universitas lainnya. Bahkan perguruan tinggi swasta dengan biaya murah pun juga banyak menghasilkan lulusan berkualitas setiap tahunnya.

Baik perguruan tinggi swasta maupun negeri itu memiliki tujuan yang sama yakni menyelenggarakan pendidikan berkualitas bagi mahasiswanya. Sehingga begitu mereka lulus maka akan mendapatkan bekal ilmu dan kompetensi yang baik untuk digunakan di dunia kerja.



Biaya pendidikan di kampus swasta pun banyak ragamnya. Ada yang mematok harga tinggi namun juga ada yang memberikan layanan pendidikan tinggi dengan biaya yang terjangkau. Tak hanya itu, bagi mahasiswa yang tidak mampu pun PTS banyak yang menyediakan program beasiswa.

Namun biaya kuliah yang murah, bukan berarti tidak mendapatkan pendidikan yang optimal. Justru dengan biaya kuliah murah, maka setiap siswa bisa mendaftar tanpa ribut masalah biaya.



Dikutip dari laman startup digital bidang pendidikan Universitas123, jika kamu mencari universitas swasta dengan biaya termurah namun berkualitas, berikut rekomendasi universitas yang bisa dipilih.

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY merupakan salah satu universitas swasta terbaik dengan biaya murah di Indonesia. Biaya kuliah rata-rata di UMY sekitar Rp12.000.000.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berlokasi di Jalan Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Universitas ini menyediakan delapan fakultas yang bisa kamu pilih sesuai minat.

Adapun 8 fakultas tersebut antara lain, teknik, ekonomi dan bisnis, pertanian, agama Islam, pendidikan bahasa, serta hukum. Selain itu, kampus ini juga memiliki fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan. Untuk mendukung proses belajar, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung.

Fasilitasnya antara lain pusat pelatihan bahasa, laboratorium pertanian, perpustakaan, dan lain sebagainya. Banyaknya fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus tentu membuat suasana belajar semakin nyaman dan menyenangkan.

Selain tersedianya fasilitas yang lengkap dan nyaman, universitas ini juga menawarkan berbagai beasiswa antara lain beasiswa prestasi, beasiswa dokter Muhammadiyah, beasiswa KIP-Kuliah, beasiswa hafiz Muhammadiyah, dan lain sebagainya.

2. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM juga merupakan salah satu universitas swasta termurah di Indonesia. Biaya kuliah di UMM rata-rata sekitar Rp10.000.000. Selain harga kuliah yang cukup terjangkau, UMM juga termasuk universitas swasta terbaik di Jawa Timur.

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki 10 fakultas dengan 35 program studi yang bisa dipilih sesuai keinginan, lima di antaranya yaitu kedokteran, ekonomi dan bisnis, ilmu sosial dan ilmu politik, pertanian dan peternakan, serta hukum.

Universitas Muhammadiyah Malang juga menyediakan berbagai program beasiswa, baik untuk calon mahasiswa maupun mahasiswa, antara lain Erasmus, yatim piatu, alumni sekolah Muhammadiyah, PPUT, KIP, Djarum, dan lain sebagainya.

3. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Biaya kuliah diUniversitas 17 Agustus 1945 Surabaya( UNTAG) yaitu sekitar Rp5.200.000. UNTAG termasuk universitas favorit di Jawa Timur, sehingga bagi yang ingin kuliah di universitas favorit, maka UNTAG bisa menjadi pilihan tepat.

Universitas yang berlokasi di Semolowaru Nomor 45 Surabaya ini memiliki tujuh fakultas dengan 16 program studi untuk S1. Adapun tujuh fakultas tersebut antara lain ilmu sosial dan ilmu politik, hukum, ekonomi dan bisnis, psikologi, teknik, ilmu budaya, serta vokasi.

4. Sekolah Tinggi Ekonomi Mahardhika

Sekolah Tinggi Ekonomi Mahardhika atau STIE Mahardhika menyediakan biaya kuliah yang cukup terjangkau di Indonesia yakni sekitar Rp900.000 per semesternya. Bagi yang berminat menjadi manajer, akuntan, atau bekerja di bidang keuangan, maka universitas ini bisa menjadi pilihan tepat.

Universitas yang berlokasi di Jalan Wisata Menanggal 42A tepatnya di Graha Mahardhika, Surabaya ini menyediakan dua program studi untuk S1yaitu akuntansi dan manajemen.

Sama seperti universitas lainnya, STIE Mahardhika juga menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung proses belajar. Ada pun fasilitasnya antara lain perpustakaan, ruang diskusi, ruang baca, dan lain sebagainya.

5. Universitas Pelita Bangsa

Universitas swasta ini termasuk universitas dengan biaya kuliah cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp400.000 hingga Rp600.000 per bulan.

Universitas ini menyediakan kelas pagi dan malam, sehingga bagi yang ingin kuliah sambil bekerja, maka Pelita Bangsa bisa menjadi pilihan tepat.

Universitas yang berlokasi di Jalan Inspeksi Kalimalang Tegal Danas, Cikarang Pusat ini memiliki 4 fakultas. Fakultas tersebut antara lain ekonomi dan bisnis, ilmu pendidikan dan humaniora, teknik, dan Agama Islam.

Universitas Pelita Bangsa juga menyediakan berbagai fasilitas agar mahasiswa merasa nyaman. Ada pun fasilitas yang disediakan antara lain perpustakaan, fasilitas olahraga, laboratorium, dan lain sebagainya. Banyaknya fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus, tentu bisa membuat suasana kuliah semakin menyenangkan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)