Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah di Jogja, Tampilkan Robot Terapan hingga Lingkungan

Rabu, 23 November 2022 - 08:59 WIB
loading...
Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah di Jogja, Tampilkan Robot Terapan hingga Lingkungan
Kemenag menggelar Madrasah Robotic Competition (MRC) VIII 2022 di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa-Rabu (22-23/11). Foto/Dok/Ditjen Pendis Kemenag
A A A
YOGYAKARTA - Madrasah Robotic Competition ( MRC ) VIII atau Kompetisi Robotik Madrasah 2022 resmi dibuka di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa malam (22/11/2022) Pukul 22.00 WIB.

Grand Opening MRC VIII dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Agama, Muhammad Nuruzzaman dengan dihadiri 600 audiens dari lingkup Kemenag dan madrasah.

Baca juga: Dilepas Gus Yasin, Obor Pospenas IX 2022 Dikirab dari Grobogan Menuju Surakarta

Tahun ini kompetisi robotik digelar selama dua hari, pada 22-23 November 2022, dengan mengambil tema "The Next Generation of Robots: Making Better Life".

Gelaran ini menampilkan 180 robot dari 180 madrasah se-Indonesia dari tiga jenjang, yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah, dengan total jumlah peserta mencapai 360 orang.

Mereka memperebutkan hadiah berupa medali, sertifikat, peralatan robotika, dan uang pembinaan berjumlah total Rp240 juta.

Baca juga: MAN 2 Kota Malang Raih Perak dan Perunggu Ajang International Exhibition for Young Inventor 2022

Kompetisi dibagi dalam tiga kategori yaitu robot inovasi, robot battle, dan robot mobile. Robot-robot itu juga terbagi dalam tiga sub tema, yaitu robot for school, robot for household, dan robot for environment.

Setiap tim yang bertanding terdiri dari dua siswa dan satu guru mentor/pendamping. Mereka harus menampilkan robot yang sepenuhnya mengandalkan teknologi otomasi, bukan kendali remote control, wifi, atau operasi manusia lainnya. Selama lomba berjalan, mentor tidak diperbolehkan terlibat dalam perbaikan atau pemrograman robot.

Staf Khusus Menag, Muhammad Nuruzzaman mengatakan, madrasah saat ini sudah mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat, dan menjadi salah satu tempat belajar rujukan yang diminati.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1880 seconds (11.210#12.26)