Taman Belajar Nusantara-Kemenpora Gelar Pelatihan Hendicraft untuk Penyandang Disabilitas

Kamis, 24 November 2022 - 16:07 WIB
loading...
Taman Belajar Nusantara-Kemenpora Gelar Pelatihan Hendicraft untuk Penyandang Disabilitas
Taman Belajar Nusantara dan Kemenpora gelar pelatihan Hendicraft untuk penyandang disabilitas tuna grahita. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Taman Belajar Nusantara bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) gelar pelatihan Hendicraft untuk penyandang disabilitas tuna grahita. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SLB Asih Budi Duren Sawit Jakarta Timur.

Hadir pada kegiatan itu, Staff Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Alia Noorayu Laksono, Kepala Bidang Kepemudaan Layanan Khusus Kemenpora Setiana Djafar dan Pimpinan SLB Asih Budi.



Staff Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Alia Noorayu Laksono mengajak semua pihak untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi.

"Peningkatan kapasitas SDM yang berkualitas tentunya tidak hanya diperuntukan untuk masyarakat yang memiliki fisik atau mental sempurna, melainkan perlu adanya keterlibatan para penyandang disabilitas," terang Alia, Kamis (24/11/2022).

Menurutnya, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama, penyandang disabilitas juga memiliki hak dalam mengekspresikan kemampuannya dalam peran-peran pembangunan bangsa.



"Meski memiliki keterbatasan, tapi kami yakin para penyandang disabilitas mampu berkarya untuk membangun kemajuan bangsa, ketrabatasan bukan halangan untuk tidak berkarya, karena karya dapat diwujudkan oleh siapapun termasuk para penyandang disabilitas," ungkapnya.

Lanjut Alia, penyandang disabilitas berhak untuk mendapatkan penghormatan atas integritas mental dan fisiknya berdasarkan kesamaan dengan orang lain.

"Termasuk di dalamnya hak untuk mendapatkan pelindungan dan pelayanan sosial dalam rangka kemandirian dan peningkatan keterampilan," tegas dia.

Sementara, Ketua Taman Belajar Nusantara Miftahul Arifin menyebut para penyandang disabilitas punya kesempatan yang untuk berkarya untuk Indonesia

"Penyandang disabilitas punya kesempatan dan hak yang sama, untuk bangsa dan negara," jelas dia

Menurutnya, para penyandang disabilitas sudah banyak yang memberikan kontribusi nyata, baik di bidang olahraga, keterampilan maupun sains.

"Sebab itu ke depan para penyandang disablitas harus lebih di maksimalkan potensialnya, kerana mereka menjadi bagian kekuatan dari bangsa Indonesia," tukasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3708 seconds (0.1#10.140)