Kampung Ilmu, Konsep Integrasi Pendidikan Formal dan Informal ala Sosiolog UI

Jum'at, 25 November 2022 - 23:52 WIB
loading...
A A A
Imam mengakui, pihaknya didukung banyak kalangan, ada sekitar 30 perusahaan dalam mewujudkan dan mensuport pendidikan di Kampung Ilmu ini.

“Upaya kampung ilmu berangkat dari kegeraman saya. Jangan hanya mendidik anak jadi buruh di perusahaan tapi bagaimana memberdayakan masyarakat dengan keterbatasannya bisa maju menjadi juara di berbagai bidang. Bagaimana pendidikan dibangun keroyokan, jangan linear hanya mengandalkan guru,” kata Imam Prasodjo saat menerima donasi sebesar EUR 12.500 atau setara dengan Rp186.250.000 dari Public Affairs, Communications & Sustainability Director Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) Lucia Karina di Kantor Yayasan Nurani Dunia, Jumat (25/11/2022).

Menurut Imam, kampung ilmu akan jadi model pendidikan yang memberdayakan masyarakat setempat tidak hanya soal pendidikan formal tapi juga juga menyiapkan usaha yang bisa dikembangkan masyarakat sekitar. Misanya sentra percontohan budi daya kambing. Di mana susunya bisa dijual dan juga dikonsumsi di masyarakat sekitar sebagai salah satu upaya pengurangan stunting di daerah tersebut.

“Kampung Ilmu kini punya digital house. Yakni sebuah bangunan rumah yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar dalam mengelola dan memanfaatkan digital teknologi. Bahkan Kementerian PUPR ikut membantu membangun 40 asrama bagi entrepreneur yyang bersedia menyumbang ilmunya untuk dibagikan kepada masyarakat,” kata Imam.

Sementara itu, Lucia Karina mengatakan, donasi dari CCEP Indonesia tersebut akan digunakan untuk pembangunan berbagai fasilitas pembelajaran sistemik agar aktivitas belajar dan pemberdayaan di Kampung limu dapat berjalan secara efektif, serta pengembangan beragam fasilitas fisik dan program untuk menumbuhkan ekonomi sirkular dengan teknologi tepat-guna yang ramah lingkungan di bidang pertanian dan peternakan.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)