Cocok untuk Mahasiswa Perantau, Ini 10 Perguruan Tinggi yang Menyediakan Asrama

Sabtu, 26 November 2022 - 13:49 WIB
loading...
Cocok untuk Mahasiswa Perantau, Ini 10 Perguruan Tinggi yang Menyediakan Asrama
Berikut 10 perguruan tinggi yang menyediakan asrama. Salah satunya UGM Residence yang dapat menampung lebih dari 2.000 orang. Foto/E-brosur UGM Residence.
A A A
JAKARTA - Sejumlah perguruan tinggi yang menyediakan asrama untuk tempat tinggal mahasiswanya cocok dijadikan pilihan bagi mahasiswa perantau. Berikut ini 10 perguruan tinggi yang menyediakan fasilitas asrama yang bisa dijadikan pilihan tempat tinggal selama menjalani kuliah.

Pergi jauh dari orang tua untuk menuntut ilmu menjadi tantangan tersendiri untuk calon mahasiswa baru yang akan kuliah di perguruan tinggi tahun depan.

Para mahasiswa yang hidup di perantauan ini mau tidak mau harus cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya untuk sukses kuliah dan lulus tepat waktu.

Salah satu yang menjadi kebutuhan mahasiswa perantau adalah tempat tinggal. Memang mereka bisa mencari kost, namun di samping itu ada pilihan asrama bagi calon mahasiswa.

Baca juga: 8 Lokasi Kampus IPDN di Beberapa Titik Indonesia, dari Jakarta hingga Papua

Berikut ini sejumlah perguruan tinggi yang menyediakan asrama bagi mahasiswa yang dikutip dari masing-masing laman resmi universitas.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Asrama UGM atau yang dinamakan dengan UGM Residence menerima mahasiswa baru atau mahasiswa tahun pertama untuk tinggal di asrama. UGM Residence menyediakan 8 unit hunian mahasiswa yang dapat menampung lebih dari 2.000 orang.

Fasilitas yang disediakan seperti kamar dengan furniture lengkap, kamar mandi dalam dan komunal, ruang belajar, internet hotspot, laundry, kantin, sarana olahraga dan juga pelatihan lifeskills.

2. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Unnes juga menyediakan asrama bagi mahasiswa S1 untuk tinggal di asrama mahasiswa. Unes menyediakan enam asrama sekaligus yakni Asrama Putri Kalisegoro, Asrama Putra Sekaran, Asrama PGSD Ngaliyan Putri, Asrama PGSD Ngaliyan Putra, Asrama Internasional, Asrama Putri Sekere.

Fasilitas yang tersedia seperti kamar tidur, meja belajar, kursi, lemari, dan jemuran. Untuk kamar mandi sendiri free biaya listrik dan air bersih, aula, musala, ruang belajar bersama, tempat parkir, Wifi gratis, keamanan 24 jam ada satpam dan CCTV, cleaning service, akses transportasi ke kampus mudah, fasilitas olahraga yang memadai, mini perpustakaan, dan ruang podcast atau ruang kreativitas asrama.

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII menyediakan akomodasi pondok pesantren bagi penerima beasiswa unggulan Pondok Pesantren UII. Pondok Pesantren UII (Putra), berlokasi di Jl. Selokan Mataram, Dabag, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Memiliki 33 kamar yang mampu menampung santri putra hingga 66 orang.

Kemudian Pondok Pesantren UII (Putri), berlokasi di Kampus Terpadu UII menjadi satu dengan Asrama Mahasiswa Putri. Tersedia 24 kamar dengan kapasitas mencapai 60 santri putri.

Asrama Mahasiswa, berlokasi di Kampus Terpadu UII dan saat ini digunakan sebagai fasilitas pemondokan untuk pelaksanaan program pesantrenisasi bagi mahasiswa baru, dan kegiatan kemahasiswaan. Asrama mahasiswa UII memiliki jumlah total 48 kamar dengan daya tampung mencapai kurang lebih 300 orang.

4. Universitas Indonesia (UI)

Asrama UI Depok juga bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa perantau yang diterima di PTN yang menduduki peringkat 49 di Asia ini. Mahasiswa bisa memilih kamar standar, kamar dengan AC, ataupun kamar VIP.

Sarana yang disediakan cukup lengkap seperti kantin, gazebo, minimarket, lapangan basket dan futsal, televisi umum, kios foto kopi, serta kios laundri.

5. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM menyediakan asrama mahasiswa yakni Rusunawa 1 yang terletak di utara kompleks Kampus III UMM, Jalan. Jetis, Bawang Tegalgondo, Malang. Bangunan terdiri dari 2 blok, Blok A berkapasitas 240 orang dan Blok B 192 orang. Masing-masing blok terdiri dari dua bangunan berlantai empat. Kamar hunian berukuran 5,2 x 4,2 m yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam.

Kapasitas tiap kamar di Blok A adalah 4 orang, sedangkan di Blok B mampu 3 orang. Fasilitas kamar terdiri dari tempat tidur, almari pakaian, dan meja-kursi. Selain itu juga terdapat dapur, sarana peribadatan, hall, tempat parkir, taman, Wi-Fi 24 jam dan keamanan selama 24 jam.

Selain Rusunawa I, terdapat pula Rusunawa II yang terletak di sebelah stadion Kampus III yang dibangun pada 2010 dan terdiri dari 1 blok bangunan berlantai empat. Dibangun dengan desain yang ramah lingkungan dan system udara terbaik, Rusunawa ini memiliki kapasitas tampung sebanyak 285 orang.

Baca juga: Peringati HGN, Perbanas Institut Ajak Siswa SLTA se-Jabodetabek Hidup Bersih, Sehat, dan Hijau

6. Universitas Udayana (Unud)

PTN yang berlokasi di Badung, Bali ini juga menyediakan dua asrama yakni Asrama Denpasar dengan jumlah kamar 48 orang dan berkapasitas 96 orang. Dan Asrama Bukit dengan 18 kamar berkapasitas 54 orang. Selain itu juga ada rusunawa yang memiliki 106 kamar dengan kapasitas 202 orang.

Persyaratan untuk menghuni asrama/rusunawa ini cukup dengan mengisi formulir, melampirkan surat keterangan kurang mampu/pernyataan tidak mempunyai tempat tinggal di Denpasar/Bukit Jimbaran, foto kopi kartu mahasiswa, dan membayar sewa asrama/rusunawa sesuai tarif yang ditentukan.

7. Universitas Airlangga (Unair)

Asrama mahasiswa Unair terdiri atas dua bangunan, yaitu satu bangunan untuk Asrama Putra dan Asrama Putri (Dormitory). Kedua asrama tersebut berlokasi di Kampus C, Jalan Mulyorejo, Surabaya. Daya tampung maksimal asrama putri dan putra sebesar 1002 orang.

Asrama Putri (dormitory) terdiri atas 11 lantai, total 206 kamar dengan daya tampung sebesar 618 orang (kapasitas 3 orang per kamar). Asrama Putra terdiri atas 5 lantai dengan total 96 kamar dengan daya tampung 384 orang (kapasitas 4 orang per kamar).

8. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

PKN STAN, salah satu sekolah kedinasan favorit di Indonesia ini juga menyediakan asrama khusus mahasiswa DIV untuk tahun pertama. Daya tampung asrama memadai untuk mahasiswa tahun pertama untuk menjalankan seluruh pendidikan asrama dengan baik.

Asrama di PKN STAN menyediakan communal space yang memberi ruang bagi mahasiswa berinteraksi dengan tetap memastikan protokol kesehatan di masa kebiasaan baru. Selain itu layanan perpustakaan juga disesuaikan dengan kebutuhan asrama.

9. Telkom University

Asrama Universitas Telkom (Telkom University Students Dormitory) merupakan program bagi mahasiswa baru tahun pertama untuk tinggal di asrama dan mengikuti program Pembinaan Karakter Mahasiswa di Asrama selama 1 tahun akademik pertama.

Asrama Universitas Telkom memiliki total 18 gedung asrama dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung. Seperti student lounge, dapur, lapangan olahraga seperti futsal, tenis, kolam renang, jogging track, poliklinik, asrama, dan lainnya.

10. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Program asrama di Unpad diprioritaskan bagi mahasiswa tahun pertama Bidikmisi/KIP Kuliah, dan Fakultas Kedokteran yang memiliki Program Pengembangan Karakter Keprofesian di Asrama. Mahasiswa dari kedua program tersebut sangat disarankan untuk tinggal di asrama selama tahun pertama.

Asrama juga bisa digunakan oleh mahasiswa lainnya yang berminat untuk tinggal di lingkungan kampus, dengan ketentuan mengikuti tata tertib yang ditentukan oleh pihak pengelola.

Demikian tadi 10 perguruan tinggi yang memiliki fasilitas asrama bagi mahasiswanya. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)