10 Perusahaan IT Terbesar di Indonesia, Tawarkan Gaji Besar untuk Fresh Graduate

Selasa, 29 November 2022 - 12:11 WIB
loading...
10 Perusahaan IT Terbesar di Indonesia, Tawarkan Gaji Besar untuk Fresh Graduate
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Memasuki era Revolusi Industri 4.0, lapangan pekerjaan di bidang teknologi digital atau IT menjadi semakin luas dan beragam.

Nah, buat kamu lulusan bidang IT, yaitu Teknik Informatika atau Ilmu Komputer, it’s your time to shine! Lulusan IT selalu banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, terutama perusahaan Startup yang berbasis teknologi.



Lalu, perusahaan apa saja sih yang kiranya dapat menjadi tempat terbaik bagi fresh graduate untuk memulai karier? Bagaimana langkah awalmu untuk dapat bekerja di perusahaan idamanmu? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

10 Perusahaan terbaik dan favorit bagi para lulusan IT

Perusahaan-perusahaan yang akan disebutkan di bawah ini menjadi favorit para fresh graduate IT karena berbagai alasan. Baik karena skala usaha yang besar, potensi perkembangan yang menjanjikan, hingga kenyamanan dan kesejahteraan para karyawannya.



Dalam kegiatan bisnisnya, teknologi juga memegang peranan penting di perusahaan-perusahaan berikut, sehingga para lulusan Teknik Informatika akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan karier.

1. Telkom Indonesia

Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom telah meraih banyak penghargaan. Ia menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar ‘World Best Employer’ menurut Forbes di tahun 2021.

Di tahun yang sama, Telkomsel sebagai anak perusahaan Telkom juga meraih penghargaan sebagai ‘The Best Company to Work For’ versi majalah HR Asia.

Sebagai lulusan Teknik Informatika, peluangmu untuk bekerja di perusahaan komunikasi berbasis teknologi ini pun terbuka lebar, namun bersiaplah untuk menghadapi persaingan ketat dari kandidat lainnya.

2. Gojek

Startup decacorn ini memang menjadi perusahaan idaman para lulusan IT. Sebagai perusahaan transportasi online, tentu membutuhkan banyak talenta digital untuk mengembangkan bisnisnya.

Bahkan, Gojek secara rutin mengadakan berbagai program training maupun magang untuk mahasiswa dan fresh graduate jurusan IT atau engineering seperti Upscale, Engineering Bootcamp dan Go Squad Tech.

Di program-program tersebut, para peserta akan menerima pelatihan seputar Data Science, Product Engineering, Software Engineering, Business Intelligence dan sebagainya.

Untuk kalian lulusan Teknik Informatika yang memiliki skill mumpuni, kreatif, berinisiatif tinggi, serta siap untuk menghadapi ritme kerja yang serba cepat, Gojek mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Google Indonesia

Siapa sih, yang gak kenal Google, search engine paling populer di Indonesia bahkan dunia? Hingga kini, Google memiliki 70 kantor yang tersebar di 50 negara. Salah satunya, Indonesia.

Seperti halnya kantor pusat Google di California, kantor Google Indonesia pun memiliki banyak fasilitas yang membuat karyawannya nyaman dan betah bekerja.

Tak heran, perusahaan ini pun menjadi salah satu incaran para fresh graduate bidang teknologi untuk mengembangkan karier.

Sebagai perusahaan IT terbesar di dunia, Google tentu selalu membutuhkan para ahli teknologi handal untuk selalu keep up dengan tren teknologi terkini dan memberikan user experience terbaik untuk para penggunanya.

4. Traveloka

Pada tahun 2021, Traveloka masuk ke dalam list ‘Best Workplace for Innovators’ kategori internasional yang dirilis oleh website Fast Company.

Traveloka merupakan ‘lifestyle superapp’ berstatus unicorn yang selalu berinovasi dalam penyediaan aplikasi layanan perjalanan. Deretan engineers dan data scientists yang dimilikinya memegang peran penting dalam perkembangannya yang pesat sejak didirikan di tahun 2012.

Bila kamu tertarik untuk bergabung, selain skill di bidang teknologi, persiapkan dirimu untuk menjadi seorang inovator yang kreatif dan pragmatis.

5. Tokopedia

Pada tahun 2020, HR Asia menobatkan Tokopedia sebagai salah satu ‘The Best Companies to Work for in Asia 2020'.

Sebagai platform e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia juga selalu membutuhkan lulusan bidang teknologi untuk direkrut sebagai salah satu Nakama (sebutan untuk karyawan Tokopedia).

Tokopedia juga rutin mengadakan DevCamp, yaitu training bagi para mahasiswa Ilmu Komputer & Sistem Informasi di bawah bimbingan para pimpinan engineer-nya.

6. Sea Group

Sea Group atau Sea Limited adalah induk perusahaan Shopee (salah satu e-commerce terbesar di Indonesia), Garena (developer di balik kesuksesan game Free Fire) dan Sea Money (layanan dompet digital AirPay dan ShopeePay).

Pesatnya perkembangan perusahaan-perusahaan Sea membuatnya aktif merekrut banyak karyawan baru, terutama para ahli teknologi. Bahkan, Sea mendirikan Sea Labs Indonesia, sebuah program training untuk mencetak para profesional di bidang digital, mulai dari engineering hingga product management.

Sea Labs Indonesia memiliki target untuk merekrut 1.000 orang hingga akhir tahun 2023. Apakah kamu salah satunya?

7. Facebook Indonesia (Meta)

Di awal kemunculannya, Facebook sempat menjadi situs jejaring sosial yang paling populer. Hingga tahun 2021, pengguna Facebook masih terus mengalami peningkatan hingga sejumlah 176,5 juta jiwa. Kantor Facebook di Indonesia resmi didirikan pada tahun 2017.

Di tahun 2021, Mark Zuckerberg mengganti nama induk perusahaan Facebook Inc. menjadi Meta, untuk membangun Metaverse sebagai platform sosial di masa depan.

Dengan perkembangan konsep baru tersebut, tentu akan semakin banyak tenaga kerja digital yang dibutuhkan untuk mewujudkannya. Bahkan, dikabarkan bahwa Facebook akan membuka hingga 10.000 lowongan pekerjaan di Uni Eropa selama 5 tahun ke depan.

8. Sociolla

PT. Social Bella Indonesia atau Sociolla menduduki peringkat pertama pada daftar Linkedin Top Startups 2021, sebagai salah satu Startup potensial yang mampu menyerap investasi dan tenaga kerja dalam jumlah besar sepanjang tahun 2021.

Sociolla kini menjadi salah satu pemain kunci dalam bidang beauty e-commerce di Indonesia, yang juga telah mendirikan 25 offline store dengan teknologi omni channel di berbagai kota.

Sebagai beauty company berbasis teknologi, Sociolla pun mencari karyawan yang fast, agile, positive, memiliki sense of ownership dan continuous improvement untuk memajukan industri kecantikan Indonesia.

9. Sayurbox

Didirikan tahun 2016, Sayurbox memiliki konsep ‘from farm to app to table’, di mana para konsumen dapat membeli kebutuhan sehari-hari langsung dari petani atau produsen bahan pokok melalui aplikasinya.

Setahun setelah didirikan, Sayurbox sempat memenangkan Seedstars Jakarta Startup Competition. Hingga kini, aplikasi ini telah menghubungkan ratusan petani, produsen dan pedagang dengan ribuan konsumen di berbagai kota.

Untuk mengembangkan bisnisnya, Sayurbox terus membangun tim digital yang selalu berinovasi untuk meningkatkan customer experience para penggunanya.

10. Ajaib

Ajaib berdiri pada tahun 2019, lalu menjadi fintech pertama di Asia Tenggara yang menyandang status unicorn setelah penggalangan dana Seri B sejumlah USD153 juta dari DST Global di tahun 2021.

Menurut Co-Founder & CEO Ajaib Group Anderson Sumarli, Ajaib akan menggunakan dana investasi tersebut untuk merekrut sejumlah besar talenta terbaik, serta melakukan campaign edukasi keuangan yang akan menginspirasi lebih banyak investor generasi baru.

Ajaib menyediakan fitur layanan jual beli saham dan investasi reksadana secara mudah, sehingga generasi muda Indonesia dapat berpartisipasi dalam pasar modal. Selain ahli bidang keuangan, tentu Ajaib juga membutuhkan para profesional di bidang teknologi digital untuk terus bisa terus berkembang.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)