Cara Daftar PKN STAN 2023, Cek Syarat, Dokumen, dan Tahapan Pendaftaran

Kamis, 01 Desember 2022 - 11:36 WIB
loading...
Cara Daftar PKN STAN 2023, Cek Syarat, Dokumen, dan Tahapan Pendaftaran
Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akutansi Negara (PKN STAN). Foto/Dok/PKN STAN
A A A
JAKARTA - Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN merupakan sekolah kedinasan favorit bagi lulusan SMA, SMK, dan Sederajat yang ingin berkarier menjadi abdi negara. Hal ini menjadikan tingkat persaingan masuk ke PKN STAN pun menjadi sangat ketat.

Lulusan PKN STAN yang otomatis akan diangkat menjadi CPNS , tidak hanya ditempatkan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Pengawas Keuangan (BPK), Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), tapi juga instansi pemerintah lainnya.



PKN STAN akan menerima calon mahasiswa untuk mengikuti pendidikan pada PKN STAN dengan 3 Program Studi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, dan Diploma Manajemen Aset Publik.

Bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke PKN STAN, berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi serta alur pendaftaran seperti dilansir dari SPMB PKN STAN 2022.

Syarat pendaftaran PKN STAN:

1. Lulusan tahun 2022 dan sebelumnya atau calon lulusan tahun 2023 Sekolah Menengah Atas sederajat

2. Bagi lulusan tahun 2022 dan sebelumnya, nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00

3. Bagi lulusan 2023, nilai rata-rata rapor pada lima semester tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00

4. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2023 adalah 21 tahun

5. Usia minimal pada tanggal 1 September 2023 adalah 15 tahun



6. Telah mendaftar pada portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mengikuti

7. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2023

8. Memiliki nilai UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI)

9. Minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi

10. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya)

11. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat

12. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan)

13. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan

14. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya

Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:

1. Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.

2. Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur:

3. Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur

4. Memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur

5. Mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat

Dokumen yang Menjadi Syarat Pendaftaran

Selain persyaratan umum yang telah disebutkan di atas, peserta SPMB PKN STAN juga harus menyiapkan beberapa dokumen penting yang diperlukan dalam pendaftaran PKN STAN 2023.

Adapun dokumen yang disyaratkan, sebagai berikut:

1. Pas foto latar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos. Untuk perempuan yang berjilbab, mengenangkan jilbab warna putih polos. Ukuran foto maksimal 300 kb dengan format jpg.

2. KTP untuk peserta yang usia udah 17 tahun. Bagi yang belum memiliki KTP, diperbolehkan menggunakan Kartu Keluarga. Ukuran file maksmal 200 kb dengan format jpg.

3. Kartu peserta UTBK dengan ukuran maksimal 500 kb berformat pdf.

4. Rapor SMA semester gasal – genap untuk kelas X dan XI, serta semester gasal kelas XII untuk lulusan 2023. Dokumen dijadikan dalam satu file berukuran 1000 kb dengan format pdf.

5. Ijazah SMA untuk lulusan 2022/sebelumnya, dengan format pdf dan ukuran maksimal 1000 kb.

6. Kartu Keluarga denganf format pdf berukuran maksimal 700 kb.

7. Untuk peserta Afirmasi ADEM Papua dan Papua Barat menggunggah dokumen lain yang bisa diunduh di (link menyusu).

8. Peserta Afirmasi non-ADEM Papua dan Papua Barat, serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan NTT harus mengunggah ijazah SD dan SMP, akta kelahiran peserta, KTP ayah dan ibu kandung, serta surat rekomendasi sekolah yang bisa diunduh di (link menyusul).

Biaya Pendaftaran

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

Biaya pendaftaran SPMB PKN STAN 2022 sebesar Rp350.000 dan sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp50.000.

Untuk jadwal dan informasi selengkapnya terkait pendaftaran PKN STAN 2023 Anda dapat mengunduh Surat Edaran Pendaftaran PKN STAN 2023 pada tautan berikut ini (link menyusul).

Nah, itu tadi persyaratan dan alur pendaftaran untuk Politeknik Keuangan Negara STAN.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2209 seconds (0.1#10.140)