7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya dapat Bekerja di Bank BCA

Jum'at, 02 Desember 2022 - 16:10 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya dapat Bekerja di Bank BCA
Terdapat tujuh jurusan kuliah yang lulusannya dapat bekerja di BCA (Bank Central Asia). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh jurusan kuliah yang lulusannya dapat bekerja di BCA (Bank Central Asia). Bekerja di bank memang jadi salah satu pilihan bagi fresh graduate terlebih bila tempat tersebut telah memiliki nama besar.

Dilansir dari responsibank.id, bank BCA berdiri pada 1957 dan saat ini menjadi bank swasta terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 17 juta rekening dan didukung oleh 1.235 kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah.

Baca juga : 7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan PT Pertamina dan Bergaji Tinggi

Selain itu bank ini juga termasuk salah satu perusahaan yang masuk dalam daftar forbes 2000 di tahun 2022. Serta menjadi bank no 3 di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut setelah BRI dan BNI.

Tak heran bila banyak orang yang ingin masuk dan bekerja di bank tersebut dengan mengesampingkan statusnya sebagai bank swasta.

Berikut tujuh jurusan kuliah yang lulusannya dapat bekerja di bank BCA :

1. Perbankan

Sudah jelas bahwa jurusan memperhatikan mahasiswanya untuk bekerja di bank. Berbekal ilmu perbankan seperti simpan pinjam, transaksi hingga pasar modal yang memang amat diperlukan dalam prakteknya bekerja nanti.

Beberapa universitas terbaik yang telah menyediakan jurusan ini di antaranya, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, hingga Universitas Syiah Kuala.

2. Ekonomi Syariah

Meskipun pada prakteknya ilmu ini lebih cocok diterapkan pada bank syariah dan bukan konvensional seperti BCA, namun bekal ilmu yang dimiliki tentu sama saja yakni mempelajari sumber daya ekonomi untuk pemenuhan kebutuhan secara Islam.

Telah banyak perguruan tinggi yang telah menyediakan program studi ini seperti, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Institut Agama Islam Tazkia, dan masih banyak lagi.

3. Ilmu Ekonomi

Perbankan yang erat kaitannya dengan ekonomi membuat jurusan kuliah ini memiliki kapabilitas tinggi untuk diterima di bank. Beberapa posisi seperti analis kredit atau founding officer dan bahkan teller dapat menjadi tempat bagi lulusan ilmu ekonomi.

Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Bina Nusantara, Universitas Airlangga, adalah beberapa universitas yang menyediakan jurusan yang dibutuhkan di bank tersebut.

4. Hukum

Jurusan ini juga berkesempatan untuk bekerja di perbankan yang nantinya dapat ditempatkan sebagai enabler maupun konsultan keuangan. Sehingga tidak melulu hanya dipandang sebagai jurusan kuliah yang bekerja di bidang pengacara saja.

Tentunya telah banyak sekali universitas yang menyediakan program studi ini mulai dari Universitas Gadjah Mada hingga Universitas Diponegoro.

5. Teknik Informatika

Lulusan jurusan kuliah ini tengah diminati oleh berbagai perusahaan termasuk juga perbankan. Karena bank BCA juga memerlukan karyawan yang ahli dalam bidang IT untuk pengembangan aplikasi maupun teknologi informasi.

Universitas terbaik yang menyediakan jurusan teknik informatika ini seperti Institut Teknik Bandung, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, hingga Universitas Negeri Sebelas Maret.

Baca juga : Inilah Jurusan Kuliah Lima Direktur Utama Pertamina Terakhir

6. Akuntansi

Sebagai lulusan yang memiliki bekal metode pencatatan serta penyusunan laporan ini akan selalu berguna di berbagai perusahaan teruntuk di perbankan. Posisi seperti analis keuangan, bagian perencanaan maupun teller dapat diisi oleh jurusan akuntansi.

Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, merupakan beberapa universitas yang menyediakan program studi ini.

7. Psikologi

Rupanya jurusan kuliah ini juga dapat bekerja di bank yang nantinya dapat ditempatkan di posisi personalia, yang bertugas sebagai menyusun anggaran tenaga kerja hingga mengurus dan mengembangkan karyawan.

Banyak universitas yang telah menyediakan jurusan ini macam, Universitas Airlangga, Universitas Islam Negri Sayrif Hidayatullah, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, hingga Universitas Padjadjaran.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)