Sederet Jurusan Kuliah Vokasi IPB

Selasa, 06 Desember 2022 - 18:24 WIB
loading...
Sederet Jurusan Kuliah Vokasi IPB
Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang ada di sekolah vokasi IPB. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang ada di sekolah vokasi IPB. Mengetahui jurusan kuliah di sekolah vokasi merupakan salah satu hal yang sangat penting karena akan berpengaruh di dunia pekerjaan.

Di Indonesia terdapat banyak perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan vokasi salah satunya ada di IPB.

Baca juga : Masih Bingung Tentukan Jurusan Kuliah? Intip Istimewanya Prodi Ekowisata IPB

Dilansir dari laman admisi.ipb.ac.id, berikut deretan jurusan kuliah di sekolah vokasi IPB.

1.Komunikasi

Program Studi komunikasi di IPB menghasilkan kompetensi keterampilan kejuruan tingkat menengah. Keterampilan komunikasi lisan dan tulisan lulusan dikembangkan. Selain itu, mahasiswa juga mengenal teknik produksi industri komunikasi.

2. Ekowisata

Tujuan dari program gelar ekowisata adalah untuk menghasilkan ahli ekowisata. Selain pengetahuan di bidang rekreasi alam, lulusan juga memahami aspek ekowisata berbasis konservasi sumber daya alam.

3. Manajemen Informatika

Siswa manajemen TI menjadi ahli tingkat menengah dengan pemahaman mendalam tentang pemrograman dan teknologi informasi. Selain itu, mereka juga mengikuti kuliah yang membimbing mereka dalam pengelolaan sistem informasi manajemen, multimedia, perangkat komputasi ilmiah dan jaringan komputer.

4. Teknik Komputer

Mahasiswa Teknik Komputer adalah spesialis tingkat lanjut dengan keterampilan teknik perangkat keras komputer. Kuliah juga mengajarkan manajemen jaringan komputer, pemeliharaan sistem komputer dan kewirausahaan.

5. Supervisor Jaminan Mutu Pangan

Memasuki program studi Jaminan Mutu Pangan membutuhkan siswa yang berasal dari jurusan IPA. Namun juga siswa jurusan bidang pertanian, perikanan, peternakan, kimia dan farmasi dapat mendaftar.

6. Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi

Lulusan mata kuliah Manajemen Pelayanan Pangan dan Gizi di IPB University memiliki prospek karir yang sangat luas setelah studinya. Pekerjaan yang memungkinkan adalah pengawas di industri makanan (di restoran, katering, atau perusahaan serupa).

7. Teknologi Industri Benih

Lulusan program Teknologi Industri Benih diharapkan menjadi ahli tingkat menengah yang bonafid. Lulusan juga dapat berwirausaha dan memenuhi syarat untuk operasi industri benih tanaman tropis.

8. Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya

Lulusan mata kuliah Teknologi dan Manajemen Produksi Perikanan Budidaya memiliki kesempatan berkarir sebagai karyawan perusahaan yang bergerak di bidang budidaya.

9. Teknologi dan Manajemen Ternak

Peluang karier bagi lulusan pelatihan teknologi dan manajemen peternakan di IPB tidak hanya di bidang peternakan. Akan tetapi juga memiliki peluang kerja di kebun binatang, pusat karantina hewan, dan koperasi terbuka. Namun, mayoritas lulusan bekerja di industri peternakan, di industri pengolahan hasil ternak dan di peternakan.

Baca juga : Sekolah Vokasi IPB University Kenalkan Industri ke Mahasiswa

10. Manajemen Agribisnis

Peluang karier bagi lulusan mata kuliah Manajemen Pertanian di IPB University adalah berwirausaha pertanian. Namun, lulusan juga bisa menjadi direktur pelaksana, manajer operasional, karyawan berbagai lembaga atau instansi yang terkait dengan usaha pertanian.

11. Manajemen Industri

Lulusan dapat bekerja sebagai manajer, supervisor, staf PPC atau PPIC di industri manufaktur dan jasa. Sektor-sektor tersebut antara lain industri makanan dan pakan ternak serta industri minuman.

12. Analisis Kimia

Lulusan dapat bekerja di berbagai bidang seperti laboratorium (industri, lingkungan dan kesehatan). Perkuliahan tersebut menyampaikan berbagai konsep dan pemahaman terkait dengan komponen senyawa kimia dan analisisnya.

13. Teknik dan Manajemen Lingkungan

Lulusan dapat bekerja sebagai ahli di lingkungan perusahaan. Selain itu, terdapat peluang kerja sebagai pelaksana pemantauan lingkungan di perusahaan industri dan sebagai konsultan lingkungan (AMDAL, Audit Lingkungan).

14. Akuntansi

Lulusan dapat bekerja sebagai manajer, supervisor, staf PPC atau PPIC di industri manufaktur dan jasa. Selain itu, ada pula profesi di bidang industri farmasi, agribisnis, industri tekstil, industri otomotif, bisnis, perbankan dan retail.

15. Paramedik Veteriner

Mahasiswa yang diterima sebagai mahasiswa program studi kedokteran hewan harus berasal dari jurusan IPA SMA.

16.Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan

Mahasiswa program gelar Teknologi produksi dan Manajemen Tanaman adalah lulusan jurusan IPA.

17. Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian

Calon mahasiswa yang mendaftar dalam program studi ini harus berasal dari jurusan IPA.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3126 seconds (0.1#10.140)