7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Chevron, Perusahaan Terkemuka yang Beroperasi di Sektor Energi

Senin, 12 Desember 2022 - 11:22 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Chevron, Perusahaan Terkemuka yang Beroperasi di Sektor Energi
Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya banyak dibutuhkan Chevron. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya banyak dibutuhkan Chevron . Chevron merupakan salah satu perusahaan energi terbesar di dunia.

Mengutip laman resminya, Senin (12/12/2022), mereka memiliki anak perusahaan dengan nama PT. Chevron Pacific Indonesia yang bermitra dengan pemerintah melalui Kontrak Kerja Sama (KKS) dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Baca juga : 7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan PT Pertamina dan Bergaji Tinggi

Berikut tujuh jurusan kuliah yang lulusannya dibutuhkan di perusahaan Chevron.

1. Teknik Perminyakan

Chevron merupakan salah satu perusahaan energi terbesar di dunia. Mengutip laman resminya, mereka melalui PT. Chevron Pacific Indonesia menjadi salah satu penghasil minyak mentah terbesar di tanah air.

Melihat hal tersebut, jurusan teknik seperti perminyakan memiliki peluang yang cukup besar untuk bekerja di Chevron. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak perguruan tinggi yang membuka prodi tersebut. Diantaranya adalah Universitas Pertamina, ITB, dan lainnya.

Selain teknik perminyakan, mereka juga kerap menarik karyawan baru dengan kualifikasi pendidikan teknik kimia, listrik, dan lain sebagainya.

2. Akuntansi

Berikutnya ada Akuntansi. Di dunia perkuliahan, jurusan yang satu ini mungkin tampak identik dengan angka-angka dan membutuhkan ketelitian.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa jurusan kuliah Akuntansi ini memiliki prospek kerja yang cukup luas di berbagai sektor, termasuk perusahaan energi seperti Chevron ini.

Tak hanya membutuhkan tenaga yang terampil dalam bidang pengolahan sumber daya, mereka juga butuh ahli-ahli Akuntansi yang ditujukan untuk membantu perusahaan dalam beroperasi.

3. Teknologi Informasi

Sama halnya dengan Akuntansi, jurusan sejenis Teknik Informasi memiliki peluang karier yang cukup terbuka. Terlebih, saat ini hampir semua perusahaan telah menerapkan digitalisasi pada berbagai program maupun sektor operasinya.

Hal ini cukup membuka kesempatan bagi lulusan Teknologi Informasi yang ingin bekerja di industri anti-mainstream seperti sektor energi ataupun migas, termasuk Chevron sendiri.

4. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jurusan kuliah berikutnya yang dibutuhkan Chevron adalah prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Meski terdengar cukup asing, faktanya para lulusan dari jurusan ini banyak dibutuhkan di sektor industri.

Sesuai namanya, jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini mempelajari pencegahan atau meminimalisir potensi risiko kecelakaan di tempat kerja. Beberapa waktu yang lalu, Chevron sendiri juga pernah membuka rekrutmen untuk lulusan ini pada posisi Operational Excellence -Health, Environment, and Safety Engineer.

Baca juga : Sederet Jurusan Kuliah Vokasi IPB

5. Hukum

Bagi sebagian orang, lulusan Hukum mungkin akan lebih condong untuk bekerja seperti menjadi hakim atau pengacara. Akan tetapi, hal tersebut tidak sepenuhnya tepat. Pasalnya, mereka juga bisa bekerja di sektor lain seperti perusahaan energi atau migas sekalipun.

Tak harus jadi pengacara, mereka juga bisa berada di bidang Legal Staff. Dalam hal ini, posisi tersebut menjadi salah satu yang hampir selalu ada di perusahaan besar. Tujuannya adalah jelas untuk menangani masalah seputar hukum, baik lingkup internal maupun eksternalnya.

6. Psikologi

Mirip dengan jurusan kuliah hukum, sebagian orang mungkin menganggap lulusan Psikologi nantinya akan menjadi seorang psikolog saja. Padahal, masih banyak sektor pekerjaan lain yang bisa ditekuni para lulusan dari Psikologi.

Salah satu yang cukup populer adalah menjadi Human Resources Development atau HRD. Setiap perusahaan tentu membutuhkan tim HR untuk mengurus permasalahan seputar para pegawainya, seperti proses rekrutmen, sistem gaji, dan lain sebagainya.

7. Ilmu Logistik

Mengutip laman resmi Chevron, dari sekian kualifikasi yang ditentukan untuk rekrutmen, salah satu bagian yang mereka ambil adalah ahli dari Supply Chain Management.

Adapun untuk tugasnya sendiri, Supply Chain Management bertanggung jawab guna memastikan segala kebutuhan perusahaan telah tercukupi. Intinya, mereka mengkoordinasi kegiatan produksi, pembelian, pergudangan, distribusi, dan kegiatan lainnya yang berhubungan.

Dalam hal ini, para lulusan Ilmu Logistik memiliki peluang yang cukup lebar. Dengan ilmu relevan yang telah didapatkan selama kuliah, mereka bisa menjadi salah satu lulusan yang bekerja di sektor ini.

Demikian ulasan mengenai jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan Chevron.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)