Respons Perkembangan Zaman, Nizar: Kualitas Pendidikan Madrasah Sangat Baik

Selasa, 13 Desember 2022 - 16:17 WIB
loading...
Respons Perkembangan Zaman, Nizar: Kualitas Pendidikan Madrasah Sangat Baik
Sekjen Kemenag, Nizar Ali saat membuka Seminar Nasional Diseminasi Hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di Jakarta. Foto/Dok/Pendis Kemenag
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama ( Kemenag ) dalam bidang pendidikan berkomitmen untuk terus menghasilkan mutu lulusan madrasah yang memiliki kompetensi keilmuan dengan dasar keimanan yang baik.

Hal ini disampaikan Sekretasi Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali saat membuka Seminar Nasional Diseminasi Hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di Jakarta, Senin (12/12/2022).



Dikatakan Nizar Ali, salah satu upaya yang dilakukan Kemenag adalah melakukan asesmen kompetensi peserta didik AKMI. Menurutnya, AKMI adalah upaya kita untuk terus melakukan upgrading kualitas pendidikan madrasah kita.

“Ke depan madrasah kita tidak boleh lagi menjadi penyumbang rendahnya nilai pendidikan kita, tapi menjadi penyumbang dari berbagai prestasi kita sebagai sebuah bangsa,” terang Nizar.

Nizar mencontohkan, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) 3 Serpong menjadi yang terbaik dalam perolehan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Pergguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 seluruh Indonesia.



“Madrasah sekarang sudah bisa menjadi partner sekolah, banyak prestasi madrasah yang sudah sangat baik di beberapa tahun ini,” katanya.

Dirjen Pendidikan Islam Moh Ali Ramdhani menyampaikan AKMI menjadi salah satu instrumen Kementerian Agama dalam merespon perkembangan zaman, khususnya dalam konteks pendidikan agama dan keagamaan.

Menurutnya, dunia saat ini dihadapkan pada fakta VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), yakni dunia yang bergejolak, penuh ketidakpastian, serba kompleks, dan serba tidak jelas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)