Libur Telah Tiba, 3 Museum Baru di Indonesia Ini Layak Jadi Tujuan Wisata

Sabtu, 17 Desember 2022 - 11:36 WIB
loading...
Libur Telah Tiba, 3 Museum Baru di Indonesia Ini Layak Jadi Tujuan Wisata
Ada tiga museum baru di Indonesia yang bisa menjadi tujuan wisata siswa di musim liburan Natal dan tahun baru ini. Foto/Dok/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Musim liburan menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu anak sekolah. Pada libur Natal dan tahun baru ini ada tiga museum baru di Indonesia yang bisa dikunjungi siswa dan keluarganya.

Wisata museum memang tidak se-populer berlibur ke wisata alam. Namun liburan ke museum bisa menjadi alternatif anak-anak menikmati masa rehat sejenak dari aktivitas sekolah.

Berlibur ke museum itu banyak manfaatnya. Kita bisa memiliki wawasan lebih dan mendapat informasi baru yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya.

Baca juga: Harumkan Nama Bangsa, Pelajar Indonesia Raih 5 Medali di Olimpiade Sains Dunia

Kalian juga bisa menghilangkan kepenatan dari aktivitas keseharian dengan suasana tenang yang ada di museum. Selain itu kalian bisa memanjakan mata dengan beragam karya seni dan koleksi benda-benda menarik.

Nah tahun ini Kemendikbudristek telah meluncurkan tiga museum baru di Indonesia. Yakni Museum Batik Indonesia di Jakarta, Museum Song Terus di Pacitan, dan Museum Semedo di Tegal.

Museum-museum tersebut merupakan tiga dari sebelas museum yang dibangun sejak 2010 hingga 2022. Pembangunan ketiga museum ini merupakan bentuk upaya pelindungan, pemanfaatan, dan pelestarian kebudayaan oleh pemerintah melalui Kemendikbudristek.

Dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbudristek, berikut ini informasi lebih lanjut mengenai tiga museum baru yang menarik untuk dikunjungi di libur Natal dan tahun baru ini.

1. Museum Semedo

Museum Semedo terletak di lereng jajaran Pegunungan Serayu tepatnya di ujung Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Penemuan sisa manusia purba, fosil flora fauna, dan berbagai artefak batu serta artefak tulang pada Kawasan Cagar Budaya Semedo mendorong Kemendikbudristek membangun sarana pelestarian cagar budaya, sarana edukasi, dan rekreasi bagi masyarakat dalam bentuk sebuah museum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3085 seconds (0.1#10.140)