13 Jurusan Kuliah yang Prospek Kerjanya Cocok untuk Wanita

Senin, 19 Desember 2022 - 13:41 WIB
loading...
13 Jurusan Kuliah yang Prospek Kerjanya Cocok untuk Wanita
13 jurusan kuliah yang prospek kerjanya cocok untuk wanita ini bisa dipertimbangkan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Memilih jurusan kuliah memang bukan perkara yang mudah dilakukan. Terlebih bagi wanita harus mengetahui dengan baik jurusan apa yang cocok baginya untuk menjamin masa depan yang cerah.

Tidak hanya untuk laki-laki, namun kesempatan menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi juga menjadi hak para wanita. Memilih jurusan pun tidak boleh sembarangan. Namun sesuaikan dengan minat dan kemauan belajar, kemampuan finansial, hingga peluang karier ke depan.

Bagi para calon mahasiswi, masa depan nanti juga ditentukan dengan jurusan kuliah yang akan kalian pilih saat ini. Dikutip dari laman Quipper, berikut ini 13 jurusan kuliah yang prospek kerjanya cocok untuk wanita.

1. Kedokteran Anak

Profesi dokter masih menjadi pekerjaan impian untuk masa depan yang cerah. Sebenarnya, untuk menjadi dokter spesialis anak tidak harus wanita, akan tetapi jurusan ini menjadi favorit di kalangan wanita karena pekerjaannya yang berhubungan dengan anak-anak. Pada umumnya, wanita memiliki ikatan emosional yang lebih dengan anak-anak.

Namun untuk menjadi seorang dokter anak, kalian harus menyelesaikan beberapa tahapan pendidikan yang ditentukan terlebih dahulu. Pertama, kamu harus berasal dari SMA dengan Jurusan IPA kemudian mengambil Jurusan S1 Kedokteran dengan rentang waktu 3,5 tahun sampai dengan 4 tahun.

Lalu melanjutkan ke jenjang Profesi Kedokteran antara 1,5 tahun sampai dengan 2 tahun . Kemudian mengikuti tes kompetensi praktik dan akan disumpah menjadi dokter ketika lulus. Lalu praktik magang atau internship lagi selama 1 tahun. Ditambah 1 tahun untuk menentukan spesialisasi dokter anak. Pendidikan spesialis biasanya membutuhkan waktu hingga 4 tahun.

Baca juga: Beasiswa ke Rumania, Kuliah Gratis di Eropa Tanpa Syarat IELTS

2. Sistem Informasi

Lulusan Jurusan Sistem Informasi memiliki prospek kerja yang bagus, termasuk menjadi insinyur aplikasi, konsultan IT, data scientist, programmer, dosen, staf ahli informasi medis, digital marketing, research and development, dan masih banyak lagi.

Jurusan ini akan mempelajari bidang keilmuan bisnis, manajemen, dan juga ilmu komputer. Lewat prodi ini, kalian juga akan belajar cara mengidentifikasi kebutuhan dalam proses bisnis dalam suatu perusahaan berdasarkan dengan data-data yang ada.

3. Ilmu Komunikasi

Umumnya sebagai wanita kalian akan lebih luwes dan peka ketika menjalin pergaulan karena memang memiliki naluri komunikasi yang baik. Inilah yang membuat Jurusan Ilmu Komunikasi sangat cocok untuk dipilih. Beberapa konsentrasi yang bisa dipilih adalah Marketing, Advertising, Broadcasting, dan lain sebagainya.

4. Akuntansi

Jurusan Akuntansi juga bisa menjadi pertimbangan para wanita yang ingin kuliah. Jurusan ini akan mempelajari materi terkait dengan penyusunan dan pencatatan laporan keuangan. Pencatatan ini akan sangat dibutuhkan dan berguna untuk pengambilan keputusan terkait keuangan di berbagai instansi atau lembaga, dan perusahaan.

5. Sastra Inggris

Lulusan Sastra Inggris juga memiliki prospek yang bagus di antaranya kamu bisa menjadi penerjemah lisan, eksportir, guru bahasa asing, bagian tata usaha perdagangan luar negeri, dan penerjemah tulisan atau translator. Peluang kerja lainnya yakni menjadi konsultan pendidikan, staf maskapai penerbangan, concierge hotel, tour guide, public relations, jurnalis, dosen, editor, dan juga sastrawan.

6. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Melalui Jurusan PGSD, kalian akan dibekali ilmu mendidik siswa dan siswi di sekolah dasar. Pemerintah setiap tahunnya membuka penerimaan guru menjadi aparatur negara untuk mengisi kekosongan guru dan juga sebagai pengganti guru yang pensiun. Oleh karena itu, jurusan PGSD pun menjadi jurusan yang prospek kerjanya cocok bagi perempuan.

7. Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) adalah jurusan yang mempelajari banyak hal terkait dengan cara mengajar, membimbing, dan mendidik anak usia dini. Selain itu, kamu juga akan diajarkan bagaimana melatih, membentuk karakter, mengembangkan wawasan, dan juga memperhatikan perkembangan fisik yang baik pada anak usia dini.

Seperti dengan penamaannya, maka lulusan PG-PAUD setelah lulus nantinya bisa untuk menjadi guru di Taman Kanak-kanak atau pun menjadi dosen.

Baca juga: Di Hadapan Wisudawan STIKOM Prosia, Prabu Revolusi Bicara Digitalisasi di Era Modern

8. Kebidanan

Jurusan lain yang prospek kerjanya bagus untuk wanita adalah Kebidanan. Jurusan ini mempelajari bagaimana melakukan pemeriksaan kehamilan hingga menangani persalinan. Selain bekerja di instansi kesehatan, seorang bidan juga bisa membuka praktik sendiri.

9. Keperawatan

Profesi perawat memang dianggap cocok untuk wanita. Hal ini karena wanita cenderung lebih telaten untuk merawat seorang pasien. Kamu yang ingin menjadi perawat profesional, bisa masuk ke Jurusan Keperawatan.

Lulusan Jurusan Keperawatan memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Tidak hanya bisa menjadi perawat di rumah sakit, tetapi kamu juga bisa untuk bekerja di Puskesmas, klinik kesehatan, perawat pribadi dalam keluarga, panti jompo atau bekerja sebagai perawat di luar negeri.

10. Sekretaris

Di jurusan ini kalian akan belajar mengenai kemampuan komunikasi secara lisan dan tulisan. Selain itu, kamu juga akan belajar beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan bahasa Mandarin.

Tujuan belajar bahasa asing adalah agar ketika bekerja, mampu berhadapan dengan klien dari luar Indonesia. Oleh karena itu, kamu juga harus memiliki wawasan bahasa yang mumpuni.

11. Biologi

Jurusan Biologi akan mengkaji dan mempelajari banyak sekali ilmu, di antaranya yang berkaitan dengan makhluk hidup. Melalui jurusan ini, kamu akan belajar mengenai struktur organ, fungsi organ, sel, dan juga berbagai macam fenomena lain yang berkaitan dengan makhluk hidup.

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu akan memiliki banyak sekali peluang kerja dan profesi yang sangat bagus. Profesi tersebut antara lain menjadi ahli ekologi, ahli biokimia, ahli botani, dan masih banyak lagi pilihan profesi yang dapat kamu pilih.

12. Tata Boga

Wanita akan memiliki ketelatenan yang tinggi dan sudah memiliki talenta memasak. Nah, jika kamu ingin mengasah talenta ini maka Jurusan Tata Boga bisa dipilih. Jurusan ini akan mengajarkan kamu berbagai teknik memasak sekaligus menyajikan makanan. Kamu akan mempelajari tidak hanya makanan Indonesia saja tetapi juga internasional.

13. Psikologi

Jurusan yang tidak kalah penting untuk prospek kerja wanita adalah Psikologi. Perlu diketahui, bahwa pada Jurusan Psikologi memang rata-rata peminatnya adalah wanita.

Hal ini karena wanita memiliki emosi dan tingkat kepekaan yang tinggi. Oleh karena itu, setelah lulus dan menjadi seorang psikolog, wanita cenderung bisa lebih peka dan mengerti mengenai apa yang dirasakan oleh pasiennya.

Tidak hanya itu, tentunya setelah lulus dari Jurusan Psikologi, kamu juga masih bisa memilih beberapa profesi lainnya yang cocok dengan jurusan tersebut. Profesi yang bisa kamu jalani antara lain guru BK, konselor mental anak, human resource, psikolog, penulis, dan juga konsultan sumber daya manusia (SDM).

Demikian tadi 13 jurusan kuliah yang prospek kerjanya cocok untuk wanita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5028 seconds (0.1#10.140)