Selamat! Kepala Divisi Litbang MPI Wiendy Hapsari Raih Gelar Doktor Bidang Kriminologi UI dengan Predikat Cumlaude

Selasa, 20 Desember 2022 - 18:34 WIB
loading...
Selamat! Kepala Divisi Litbang MPI Wiendy Hapsari Raih Gelar Doktor Bidang Kriminologi UI dengan Predikat Cumlaude
Kepala Divisi Litbang MNC Portal Indonesia (MPI) Wiendy Hapsari berhasil meraih gelar doktor bidang Kriminologi dari UI dengan predikat cumlaude. Foto/MPI/Yorri Farli
A A A
DEPOK - Kepala Divisi Litbang MNC Portal Indonesia (MPI) Wiendy Hapsari berhasil meraih gelar doktor bidang Kriminologi dari Universitas Indonesia (UI) dengan predikat cumlaude.

Dalam sidang akademik promosi doktor yang digelar terbuka di Kampus FISIP UI Depok , Selasa (20/12/22), Wiendy berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Collaborative Policing: Model Pemeliharaan Kamtibmas oleh Polri dalam Situasi Bencana".



Sidang dipimpin oleh Guru Besar bidang Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI Prof. Dr. Drs. Fredy Buhama Lumban Tobing, M.Si. Sementara, promotor Wiendy adalah Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala M.Si., M.Sc, Ph.D. dan co- promotor Dr. Iqrak Sulhin, S.Sos., M.Si.

Dr. Iqrak juga menjadi salah satu dari enam penyanggah. Lima lainnya adalah Ketua Departemen Kriminologi FISIP UI Dr. Dra. Ni Made Martini Puteri, M.Si., Ketua Program Pascasarjana Departemen Kriminologi FISIP UI Prof. Dr. Muhammad Mustofa, M.A., Prof. dr. Budi Sampurna, DFM., S.H., Sp.F(K), SpKP., Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri M.M. (penyanggah eksternal) dan Dr. Sonny Harry Budiutomo Harmadi, S.E., M.E. (penyanggah eksternal).

Wiendy menjawab lugas semua pertanyaan dan sanggahan yang dilontarkan para penyanggah setelah dia membacakan ringkasan disertasinya.



Sidang kemudian diskors. Para penguji lalu menggelar sidang tertutup untuk penilaian. Limabelas menit kemudian sidang kembali dibuka dan Prof. Fredy Buhama membacakan hasilnya.

"Kami telah mempelajari disertasi saudara. Kami juga memperhatikan pembelaan saudara atas pertanyaan dan sanggahan. Promotor telah menyampaikan keterangan mengenai pengembangan keahlian saudara. Ketua Program Studi Pascasarjana Kriminologi FISIP UI telah melaporkan hasil ujian proposal riset, ujian hasil riset, dan ujian pra promosi saudara. Berdasarkan semua itu, Tim Penguji UI memutuskan untuk mengangkat saudara menjadi doktor dalam Program Studi Kriminologi dengan yudisium cumlaude," ujar Prof Fredy.

Dia menyebutkan IPK Dr. Wiendy Hapsari 3,87. Prof. Adrianus Meliala selaku promotor kemudian melantik Dr. Wiendy Hapsari.

Keberhasilan Dr. Wiendy semakin istimewa karena sidang digelar bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-43. Semua keluarga inti, orang tua, kerabat dan rekan kerja turut hadir serta mengucapkan selamat.

Dalam pidatonya, Dr. Wiendy menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya menyelesaikan gelar S3.

"Banyak sekali tantangan selama ini. Proses promosi dan gelar yang saya terima hari ini tak lepas dari dukungan dan bimbingan orang-orang baik di sekitar saya. Terima kasih," tutur perempuan kelahiran Depok ini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)