10 Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan PT KAI, Prodi Teknik Mendominasi

Kamis, 22 Desember 2022 - 14:55 WIB
loading...
A A A
5. Manajemen Transportasi

Program studi yang mempelajari tentang pengoperasian, perancangan, pemeliharaan, dan perencanaan transportasi utamanya darat ini dapat bekerja sebagai pengatur perjalanan kereta api.

Mereka akan bertanggungjawab terkait pengaturan perjalanan dan menjamin keselamatan perjalanan kereta api.

6. Teknik Perkeretaapian

Bisa dibilang bahwa jurusan ini menciptakan lulusan yang khusus bekerja di PT KAI karena memiliki bekal tentang teknologi mesin, hingga manufaktur kereta api.

Hanya terdapat beberapa Perguruan Tinggi saja yang membuka prodi ini seperti Institut Teknologi Sumatera, Politeknik Negeri Madiun, Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun, dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat.

7. Teknik Otomotif

Lulusan teknik otomotif yang punya bekal tentang mesin kereta api atau punya pengalaman mencukupi tentu dapat bekerja di PT KAI sebagai pemelihara sarana perkeretaapian.

8. Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah yang dibutuhkan PT KAI memang tak melulu dari prodi teknik. Ilmu Komunikasi juga dibutuhkan oleh PT KAI untuk mengisi posisi sebagai Customer Service atau di loketing. Merekalah yang akan secara langsung bertatap muka dengan pelanggan bila terdapat keluhan dan membawa nama baik perusahaan.

9. Teknik Informatika

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi semakin pesat PT KAI juga turut memperbaharui pelayanannya dengan menghadirkan KAI Access. Aplikasi inilah yang nantinya akan dikembangkan oleh lulusan teknik informatika sebagai IT.

10. Teknik Komputer

Sama dengan teknik informatika, lulusan teknik komputer ini juga dibutuhkan sebagai IT dan pemeliharaan sarana atau staff Management Representative dan Dokumen Kontrol di PT KAI.

Itulah sepuluh jurusan kuliah yang dibutuhkan PT KAI. Meski begitu Perusahaan kereta api di Indonesia ini lebih sering membuka lowongan untuk lulusan SLTA untuk menjadi stafnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4424 seconds (0.1#10.140)