Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kemenag Salurkan Rp4,6 Miliar untuk Madrasah Swasta di Daerah 3T

Jum'at, 23 Desember 2022 - 14:37 WIB
loading...
Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kemenag Salurkan Rp4,6 Miliar untuk Madrasah Swasta di Daerah 3T
Ratusan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) mengikuti upacara bendera. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ditjen Pendidikan Islam ( Pendis ) Kementerian Agama pada akhir tahun ini memberikan dana afirmasi untuk madrasah di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Penetapan madrasah penerima bantuan mengacu pada Perpres Nomor 63 tahun 2020 tantang Penetapan Daerah Tertinggal tahun 2020-2024.



Bantuan yang diberikan berjumlah Rp4,6 miliar untuk 46 madrasah yang tersebar di 10 provinsi, yaitu: Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kasiswaan (KSKK) Madrasah, Isom Yusqi mengatakan, bantuan afirmasi ini bersumber dari optimalisasi dana BOS madrasah tahun 2022.

"Ada dana sisa BOS Madrasah tahun 2022 yang kemudian kita optimalisasi untuk bantuan afirmasi daerah 3 T," ujar Isom di Jakarta, Kamis (22/12/2022).



Dikatakan Isom, bantuan afirmasi ini lebih dikonsentrasikan di daerah Indonesia Timur. Hal itu sekaligus sebagai bentuk keberpihakan percepatan pembangunan SDM di daerah timur.

“Saya berharap bantuan ini bisa mengantarkan pada lompatan peningkatan mutu madrasah di daerah tertinggal,” sebutnya.

Terpisah, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama pada Direktorat KSKK Madrasah, Papay Supriatna menyatakan, dana bantuan afirmasi sudah dapat dicairkan mulai pekan depan.

"Madrasah penerima bantuan afirmasi ini dapat menggunakan dana ini sesuai dengan juknis, terutama untuk peningkatan mutu kelembagaan madrasah," jelas Papay, panggilan akrabnya.

"Bantuan ini semuanya ditujukan untuk madrasah swasta. Harapannya, dengan bantuan ini, madrasah swasta di daerah 3 T ini dapat meningkatkan mutu pembelajarannya ke depan," tutup Papay.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)