Luluskan SDM Unggul Bidang Kesehatan, FIK UMJ Gelar Angkat Sumpah Profesi Ners

Jum'at, 23 Desember 2022 - 17:25 WIB
loading...
Luluskan SDM Unggul Bidang Kesehatan, FIK UMJ Gelar Angkat Sumpah Profesi Ners
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) menyelenggarakan angkat sumpah lulusan Program Studi Profesi Ners Tahun Akademik 2022-2023. Foto/UMJ.
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ ) menyelenggarakan angkat sumpah lulusan Program Studi Profesi Ners Tahun Akademik 2022-2023. Jumlah mahasiswa yang mengikuti acara Angkat Sumpah sebanyak 165 orang.

Kegiatan ini diawali dengan pelantikan angkat sumpah oleh perwakilan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DKI Jakarta, Ns. Agung Tri Nugraha didampingi oleh Rektor, Dekan, dan Kaprodi. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah profesi ners oleh perwakilan lulusan, serta penyematan pin, dan buku saku.

“Segala pekerjaan harus diniatkan karena Allah, sebab bentuk ibadah itu beragam, maka jadikanlah profesi ners ini sebagai wadah semata-mata karena sebuah ibadah," kata Rektor UMJ Dr Ma'mun Murod, melalui siaran pers, Jumat (23/12/2022).

Baca juga: Tips Sukses Berkarier di Kemenhub ala Dirjen Perhubungan Udara

Lebih lanjut, Ma'mun menjelaskan prosesi Angkat Sumpah bukan akhir dari perjalanan mencari ilmu. Dia berharap ke semua lulusan untuk dapat melanjutkan kuliah pada tingkatan spesialis atau magister. Ia juga menegaskan bahwa bekerja sebagai ners/perawat adalah bagian dari kerja kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal ke masyarakat.

Angkat Sumpah Ners/Perawat merupakan sumber nilai moral dalam praktek keperawatan yang dilaksanakan oleh setiap perawat yang telah lulus pendidikan keperawatan dan siap melakukan praktik keperawatan. Selaras dengan itu, Dekan FIK UMJ, Miciko Umeda menerangkan lulusan UMJ telah banyak kerkiprah di dunia keperawatan yang tersebar di beberapa instansi dan rumah sakit.

Dalam laporannya, Miciko menguraikan jumlah mahasiswa yang mengikuti acara Angkat Sumpah sebanyak 165 orang, dengan jumlah 36 Satuan Kredit Semester (SKS) setiap satu semester, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3.98 dan nilai terendah 3.53 dan rata-rata nilai 3.78. "FIK UMJ selalu selalu mendapatkan nilai rata-rata tingkat kelulusan uji kompetensi nasional cukup tinggi untuk wilayah DKI Jakarta, saat ini mencapai 97%," tambah Miciko.

Baca juga: UT-Pemkab Sukamara Jalin Kerja Sama Kuliahkan Guru dengan Beasiswa

Perwakilan Mahasiswa Angkat Sumpah Ners Siti Latifah mengucapkan terima kasih kepada FIK UMJ yang telah andil dalam proses mendapatkan gelar perawat. "Untuk teman-temanku, semoga kita dapat menjadi perawat baik yang membanggakan diri sendiri dan UMJ. Setelah saya merasakan 5 tahun mengenyam pendidikan di FIK UMJ, sungguh sangat haru dan bangga dapat menjalani proses angkat sumpah ini," jelas Latifah.

Ketua Program Studi Profesi Ners, Ns. Fitrian Rayarasi menerangkan, FIK UMJ menggelar job fair dan pembekalan lulusan pada 19-20 Desember 2022. Tujuan acara ini adalah untuk mempersiapkan perawat dalam memasuki dunia pekerjaan, tercatat 6 perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan turut andil pada kegiatan job fair. Pembekalan lulusan diisi dengan materi Bagaimana Berkarier dan Membentuk Keluarga Sakinah, Tips dan Trik Lolos Rekrutmen, dan Sharing Bersama Alumni.

"Kegiatan pembekalan lulusan memang sering diadakan sebelum mahasiswa melakukan angkat sumpah, namun pada tahun ini kami (FIK) membuat inovasi baru terkait job fair yang bertujuan untuk membuka gerbang pekerjaan antara calon perawat dan beberapa rumah sakit dan perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan," pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)