5 Perbedaan Jenjang Kuliah D3, D4 dan S1 dari Segi Waktu Kuliah dan Gelarnya

Senin, 26 Desember 2022 - 16:16 WIB
loading...
A A A
Sedangkan untuk S1 memiliki masa studi sama seperti D4 yakni selama 4 tahun, namun memiliki perbedaan dalam pembagian SKS yakni 144 - 160 SKS dalam 8 semester.

Baca juga : Begini Cara Daftar Beasiswa Kemendikbud untuk Kuliah Jenjang S1, S2 dan S3

3. Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran dari D3 lebih banyak prakteknya, untuk D4 kurang lebih sama dengan D3 namun ada beberapa teori yang diajarkan untuk menunjang ilmunya.

Sedangkan untuk S1 lebih banyak teori dibandingkan dengan praktik, karena selama pendidikan S1 kebanyakan mahasiswa dituntut aktif untuk mencari problematika baru yang disertai dengan solusi.

4. Gelar

Lulusan dari D3 akan mendapatkan Gelar Ahli Madya (A.Md), lulusan dari D4 akan menyandang Gelar Sarjana Terapan (S.Tr) sedangkan untuk lulusan S1 akan memperoleh Gelar Sarjana (S).

5. Prospek Kerja

Untuk prospek kerjanya ketiga jenjang kuliah tersebut memperoleh peluang yang sama, namun biasanya dari ketiganya akan dibedakan menjadi tenaga teknis dan tenaga non teknis.

Perbedaan jenjang kuliah tidak menjamin masa depan yang cerah. Namun yang paling penting selama masa kuliah berlangsung jadikan masa studi untuk meningkatkan kualitas diri baik akademik maupun akademik. Karena hal tersebut akan menambah nilai plus dalam mencari pekerjaan kelak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)