Mahasiswa Fasilkom Universitas Indonesia Juara Big Data Challenge 2022

Selasa, 27 Desember 2022 - 08:24 WIB
loading...
Mahasiswa Fasilkom Universitas Indonesia Juara Big Data Challenge 2022
Tim T-Sne Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) meraih juara tiga untuk divisi Big Data Challenge (BDC). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Di era digital saat ini, data menjadi aset penting yang dapat dimanfaatkan dan diolah untuk pengambilan keputusan hingga perkembangan bisnis. Sekumpulan data yang dapat dimanfaatkan itu disebut Big Data yang memiliki volume besar, mengacu pada kecepatan, serta berbentuk terstruktur/tidak terstruktur/semi-terstruktur.

Dengan memanfaatkan data sebanyak 691.000 yang diambil secara manual di sebuah platform media sosial, Tim T-Sne Fakultas Ilmu Komputer ( Fasilkom ) Universitas Indonesia (UI) mencoba menganalisis persepsi dan opini masyarakat terhadap Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.



Tim T-Sne diminta menganalisis topik tersebut dan mempresentasikan materi Big Data berjudul ‘Evaluasi Persepsi dan Sentimen Masyarakat terhadap Program BPJS Kesehatan dengan Dynamic Topic Modeling dan Sentiment Analysis’ di hadapan para juri pada babak final kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) tahun 2022.

Materi tersebut mengantarkan tim T-Sne maju ke babak 10 besar dan hingga pada akhirnya Tim T-Sne meraih juara tiga untuk divisi Big Data Challenge (BDC).

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek diikuti oleh 70 universitas di Indonesia, di antaranya, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, dan lainnya. Ada 7.738 mahasiswa se-Indonesia yang mendaftar untuk mengikuti ajang tersebut.



Pada kompetisi Satria Data tahun 2022, UI mengirimkan 62 delegasi mahasiswa yang terdiri dari 25 mahasiswa berasal dari Fasilkom, 35 mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan 2 mahasiswa dari Fakultas Teknik.

Dari 62 mahasiswa perwakilan UI tersebut, hanya tim T-Sne Fasilkom UI yang terdiri dari tiga mahasiswa program studi Ilmu Komputer (IK) yakni, Nyoo Steven Christopher Handoko (IK ‘21); Made Swastika Nata Negara (IK ‘21); dan Eko Julianto Salim (IK ‘19) yang lolos menjadi finalis divisi BDC kompetisi Satria Data 2022.

“Kami melakukan dua hal yaitu sentiment analysis dan topic modelling yang datanya kami kumpulkan sendiri dengan menggunakan kata kunci mengandung ‘BPJS’. Topic modelling kami lakukan untuk mengetahui apa saja topik-topik pembicaraan masyarakat di media sosial tentang BPJS Kesehatan. Sentiment analysis kami lakukan untuk mengetahui apakah masyarakat memiliki sentimen yang positif, netral, atau positif terhadap topik-topik yang kami dapatkan,” ujar salah seorang perwakilan tim T-Sne Fasilkom UI, Nyoo Steven Christopher Handoko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4495 seconds (0.1#10.140)