5 Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur yang Perlu Calon Mahasiswa Ketahui

Rabu, 28 Desember 2022 - 17:48 WIB
loading...
5 Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur yang Perlu Calon Mahasiswa Ketahui
Jurusan Teknik Sipil. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Keberadaan Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur sangat penting karena mempelajari disiplin yang berhubungan dengan proses menciptakan struktur seperti gedung, bandara, tempat ibadah dan rumah.

Kedua jurusan ini memiliki fungsi kritis yang penting dalam pekerjaan industri konstruksi apa pun dan mereka saling mengandalkan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.



Kedua jurusan ini umumnya serupa namun, ada perbedaan yang jelas antara teknik sipil dan arsitektur. Faktanya, mereka memiliki peran yang terdefinisi dengan baik yang membuat mereka dapat dibedakan satu sama lain.

Arsitek biasanya terlibat dalam tahap pra konstruksi (perancangan, perencanaan) dan tidak mengawasi proses konstruksi itu sendiri. Sebagai seorang arsitek, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda di kantor.

Teknik Sipil jauh lebih luas daripada Arsitektur dan berkaitan dengan desain, perencanaan, dan konstruksi bangunan, jalan, jembatan, bendungan, terowongan, dan proyek infrastruktur lainnya. Insinyur sipil terlibat dalam semua fase konstruksi (merancang, merencanakan, mengawasi proses konstruksi).



Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kedua jurusan ini, berikut 5 perbedaan yang terdapat pada jurusan teknik sipil dan arsitektur:

1. Jurusan Arsitek berfokus dalam bergambar dan Teknik Sipil Berfokus dalam perhitungan

Kedua jurusan ini memang sama karena berasal dari Fakultas Teknik, namun dalam segi pembelajarannya kedua jurusan ini sangat berbeda. Jurusan Arsitektur lebih banyak mempelajari mengenai bagaimana untuk mendesain bangunan seperti rumah, gedung bertingkat dan lain sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)