Mahasiswa Vokasi UI: Belajar Sambil Menyuguhkan Budaya Indonesia di Inggris

Jum'at, 30 Desember 2022 - 13:52 WIB
loading...
Mahasiswa Vokasi UI: Belajar Sambil Menyuguhkan Budaya Indonesia di Inggris
Tiga mahasiswa Program Pendidikan Vokasi UI berkesempatan menuju Coventry University di Inggris untuk menempuh studi selama 1 semester melalui program IISMAVO. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tiga mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) berkesempatan berangkat menuju Coventry University di Inggris untuk menempuh studi selama 1 semester melalui program Indonesian International Study Mobility Awards edisi Vokasi (IISMAVO).

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Aliscya Saimona Putri dari program studi D3 Administrasi Perpajakan, Amanda Amalia Putri dari D3 Administrasi Keuangan dan Perbankan, serta Vanessa Leandra Ishak dari D3 Pariwisata.



Selama mengikuti program IISMAVO di Coventry University, ketiga mahasiswa UI tersebut mendapatkan berbagai materi pembelajaran yang menarik, salah satunya adalah prinsip sustainability dalam mata kuliah Circular Economy.

Perkuliahan diberikan langsung oleh Professor Benny Tjahjono, dari Centre for Business in Society (CBiS), pakar Sustainability dan Supply Chain Management bersama dengan koleganya.

Sepanjang proses perkuliahan, mereka menjalankan dua proyek yakni bioplastics dan Electric Vehicle (EV). Dalam proyek bioplastics, mereka menerapkan konsep circular bioeconomy dalam mencari solusi untuk bioplastic supply chain.



Perkuliahan pun diakhiri dengan proyek akhir mengenai EV, di mana mereka diberikan tugas untuk mengidentifikasi potensi penggunaan EV di Indonesia di masa mendatang.

Walaupun berbeda dengan materi kuliah di program studi asal, Aliscya mengungkapkan bahwa materi perkuliahan tetap bisa diikuti dengan baik, karena sistem pembelajaran di Inggris sangat interaktif. Metode kelas seperti ini memudahkan mahasiswa mengerti dasar dan aplikasi praktisnya.

“Coventry University menerapkan sistem kelas lecture di mana mahasiswa mendengarkan penjelasan mengenai materi di minggu tersebut dan setelahnya mereka dibagi menjadi beberapa kelas kecil untuk berdiskusi dan mengerjakan studi kasus dari sebuah materi; kelas ini dikenal dengan sebutan seminar,” ujar Aliscya.

Tidak hanya perkuliahan formal, IISMAVO awardees Vokasi UI juga berkesempatan untuk menelisik sejumlah perusahaan top di Inggris, seperti Morgan Motor Company, Brompton Bicycle, Mini Cooper, Jaguar Land Rover, JCB Company, Bloomberg, dan Manchester City Football Club, dalam rangkaian the Pride of Britain tours.

Melalui tour tersebut, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengerti lebih dalam mengenai keunggulan kompetitif suatu perusahaan dan leadership style yang diterapkan. Dengan melihat langsung etos kerja yang dimiliki tiap perusahaan, mahasiswa dibekali dengan berbagai tips untuk mengembangkan profesionalisme, dan didukung oleh disiplin yang tinggi.

Vanessa berpendapat bahwa kunjungan ke perusahaan-perusahaan tersebut sangat membantu untuk memahami industri secara lebih komprehensif. Pemahaman industri menjadi kunci penting bagi mahasiswa Vokasi untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja.

“The Pride of Britain tour berpotensi besar sebagai kegiatan wisata yang dapat dikembangkan di Indonesia,” tutur Vanessa menanggapi insight apa yang bisa didapat sebagai mahasiswa pariwisata.

Selama di Coventry, ketiga mahasiswa UI tersebut juga aktif mengikuti Global Leaders Programme (GLP), sebuah wadah bagi mereka untuk menjalin relasi dengan mahasiswa internasional dari berbagai negara sembari mengasah soft-skills, seperti leadership skills, intercultural communications, self development dan project management.

Sebagai mahasiswa Indonesia yang mengikuti kegiatan mobilitas di luar negeri, Amanda merasakan betapa pentingnya penguatan jejaring internasional.

“Kesempatan ini akan lebih lengkap apabila dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengenal budaya asing dan memperkenalkan Indonesia ke kancah internasional,” papar Amanda lebih lanjut.

Bersama dengan seluruh awardees di Coventry University, Amanda juga ikut tampil di acara IISMAVO Night: A Glimpse of Indonesia, Jumat (9/12/2022), yang bertujuan memperkenalkan keragaman dan keindahan Tanah Air. Acara ini sukses diselenggarakan dengan dihadiri oleh lebih dari 100 audiens.

Acara yang dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris Raya, Dr Desra Percaya, dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI London, Profesor Khairul Munadi, menjamu para audiens dengan suguhan highlight budaya Indonesia.

Mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan puisi, pembacaan Sumpah Pemuda, paduan suara lagu Tanah Air oleh 42 awardees, penampilan tari tradisional Jawa Timur, hingga hidangan khas Indonesia seperti soto dan sop buah.

Menuju ke penghujung dari program IISMAVO, Aliscya, Amanda dan Vanessa sangat bangga dan bersyukur mendapat kesempatan emas ini dan berharap dapat menjadi mahasiswa Vokasi yang lebih unggul dari segi soft dan hard skill, serta mempunyai jejaring yang luas sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam menerapkan ilmu yang diemban selama menjadi mahasiswa di Coventry University.

“Kami sangat berterima kasih kepada IISMAVO dan LPDP yang telah mempercayai kami dan memberikan once in a lifetime experience kepada kami”, pungkas Aliscya, Amanda dan Vanessa menutup cerita mereka.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2672 seconds (0.1#10.140)