Ini yang Harus Dilakukan Jika Lupa Password Akun Belajar.id

Sabtu, 31 Desember 2022 - 10:44 WIB
loading...
Ini yang Harus Dilakukan Jika Lupa Password Akun Belajar.id
Akun Belajar.id atau akun Pembelajaran adalah sebuah akun untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran atau berbagai platform Kemendikbudristek. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Akun Belajar.id atau akun Pembelajaran adalah sebuah akun untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran atau berbagai platform Kemendikbudristek . Namun terkadang dalam pemakaiannya, pengguna sering kali lupa password atau kata sandi sehingga mengganggu proses pembelajaran.

Akun Belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Dengan akun Belajar.id, kalian bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Baca juga: Pendidikan Guru Penggerak 4 Luluskan 7.948 Calon Kepala Sekolah dan Pengawas

Namun bagaimana jika lupa kata sandi untuk membuka akunnya? Bahkan, dalam beberapa kasus bisa saja akun Belajar.id diretas dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Lantas, apa yang harus dilakukan jika kita lupa password akun Belajar.id? Dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbudristek, ini solusinya.

1. Bagi peserta didik, pendidik, dan admin sekolah

Jika penggunanya adalah peserta didik dan pendidik, kalian dapat mengajukan permohonan reset password kepada admin sekolah. Nantinya, admin sekolah akan memberikan kalian kesempatan untuk membuat password yang baru. Selain itu, reset password juga dapat dilakukan melalui helpdesk belajar.id.

Namun, bagi admin sekolah apabila lupa password maka reset password hanya bisa dilakukan melalui helpdesk. Helpdesk dapat diakses dengan mengklik tombol bantuan di bagian kanan bawah laman belajar.id.

Baca juga: Jabar Digital Service Ditutup, Rangkul Ribuan Pelajar Pengguna Game Edukasi

2. Bagi dinas pendidikan

Untuk dinas pendidikan, langkah pertama buka laman https://mail.google.com/ Masukkan surel BelajarID Dinas dan kata sandi yang telah didapatkan lalu klik ‘berikutnya’ untuk ke tahap selanjutnya. Jika kamu memasukkan kata sandi dan terdeteksi salah, tekan ‘Lupa Sandi?’. Selanjutnya masukan nomor telepon/surel yang didaftarkan ketika membuat belajar.id pertama kali. Nomor telepon atau surel ini berfungsi untuk mengirimkan kode verifikasi dan memastikan bahwa benar-benar kamulah yang mencoba untuk login.

Setelah itu, buat kata sandi baru yang kuat dan tidak digunakan untuk situs lain. Tekan tombol ‘Berikutnya’. Jika kata sandi baru sudah berhasil dibuat, klik ‘Lanjutkan ke Gmail’. Setelahnya, akan diarahkan ke kotak masuk email belajar.id. Selamat, proses reset password sudah berhasil, dan akun belajar.id siap digunakan untuk mengakses berbagai platform milik Kemendikbudristek.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)