Ini 8 Platform yang Bisa Diakses Akun Pembelajaran

Selasa, 03 Januari 2023 - 11:52 WIB
loading...
Ini 8 Platform yang Bisa Diakses Akun Pembelajaran
Delapan platform bisa diakses oleh siswa dan guru dengan akun pembelajaran belajar.id untuk mempermudah belajar mengajar. Foto/Dok/Humas IPB.
A A A
JAKARTA - Akun pembelajaran belajar.id yang disediakan Kemendikbudristek dapat mempermudah proses pembelajaran baik secara tatap muka ataupun jarak jauh. Terdapat 8 platform yang bisa diakses untuk kebutuhan belajar mengajar.

Akun belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Akun belajar.id bisa didapatkan melalui laman belajar.id dengan memasukkan data-data seperti nama lengkap, nama ibu kandung, tipe pengguna, tanggal lahir, dan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN).

Dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbudristek, berikut ini delapan platform yang bisa diakses menggunakan akun pembelajaran untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar.

Baca juga: Begini Cara Cek Pengumuman Kuota Sekolah SNBP 2023 Berdasarkan NPSN dan Lokasi

1. Canva for Education

Canva adalah platform desain online yang menyediakan banyak template desain yang dapat kostumisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

2. Tanya BOS

TanyaBOS merupakan forum tanya jawab sekaligus wadah berbagi pengalaman dan praktik dalam pengelolaan dana BOS, yang jawabannya sudah terverifikasi dan tervalidasi oleh Kemendikbudristek. Sekolah dan siswa dapat memanfaatkan forum tanya jawab tersebut untuk mendapatkan informasi mengenai pengelolaan dana BOS.

3. SIMPKB

Sistem Informasi Pengembangan Keprofesian Aplikasi Berkelanjutan (SIMPKB) merupakan induk dalam manajemen pengembangan keprofesian dan keberlanjutan yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Sobat SMP dapat masuk ke SIMPKB menggunakan menggunakan Surel / SIMPKB-ID (No. UKG) untuk pribadi atau masuk dengan akun Belajar.id untuk multi akses Layanan Aplikasi GTK Kemendikbudristek.

4. Rumah Belajar

Baca juga: Batas Waktu Aktivasi Rekening SimPel PIP Diperpanjang, Jangan Telat

Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru. Terdapat empat fitur utama dalam platform Rumah Belajar yaitu Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, dan Bank Soal. Bagi yang tertarik mencoba platform Rumah Belajar dapat mengaksesnya pada tautan belajar.kemdikbud.go.id.

5. Platform Merdeka Mengajar

Selain Rapor Pendidikan, Kemendikbudristek juga merilis Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat. Terdapat beberapa menu utama yaitu Asesmen Murid, Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, Komunitas, dan Video Inspirasi.

6. Rapor Pendidikan

Platform Rapor Pendidikan yang dirilis oleh Kemendikbudristek juga merupakan platform yang dapat diakses menggunakan akun pembelajaran. Rapor Pendidikan dapat dimanfaatkan untuk melihat, merefleksi, dan merencanakan peningkatan kualitas berbasis data. Rapor pendidikan dapat diakses oleh Dinas Pendidikan dan satuan pendidikan.

7. Google Workspace for Education

Pemilik akun belajar.id dapat menggunakan beragam fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education. Fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education antara lain Google Meet, Google Classroom, Google Docs, Google Spreadsheet, dan Google Slides, dan Google Form. Bagi yang berprofesi sebagai guru, dapat memaksimalkan fitur-fitur tersebut untuk pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran berbasis digital.

8. Chromebook

Beberapa tahun belakang, Kemendikbudristek melalui satuan kerja di bawahnya memberikan bantuan berupa Chromebook, jenis komputer baru yang dirancang khusus menggunakan Chrome Operating System yang dikembangkan oleh Google. Penggunaan Chromebook yang dikombinasikan dengan akun belajar.id akan menjadi lebih maksimal.

Itulah delapan platform yang bisa diakses menggunakan akun pembelajaran. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)